Peranan persepsi siswa mengenai manfaat umpan balik sebagai moderator dalam hubungan jenis umpan balik terhadap prestasi belajar pada siswa SMA = Role of student s perception on benefits of feedback as moderator in relationship of feedback on student achievement on high school students
Annissa Ika Novia;
Rizka Halida, supervisor; Nurul Arbiyah, supervisor; Matindas, Rudolf Woodrow, examiner; Patricia, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Jenis umpan balik yang berbeda akan memberikan efek yang berbeda pulaterhadap prestasi belajar siswa. Jenis umpan balik deskriptif lebih efektifdigunakan untuk membantu siswa meningkatkan prestasi belajarnya (Tunstall& Gipps, 1996). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan persepsisiswa terhadap manfaat umpan balik dalam hubungan antara jenis umpan balikterhadap prestasi belajar pada siswa SMA. Metode penelitian yang digunakanadalah metode eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini adalah 101 siswakelas X SMA 3 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan cara pemberianulangan harian pelajaran mata pelajaran Kewarganegaraan dan kuisioner singleitem mengenai persepsi manfaat umpan balik. Hasil analisis menunjukkanbahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara jenis pemberian umpan balikterhadap prestasi belajar siswa dengan t(101)=2,753, p<0,05. Selanjutnyaterdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa atas manfaat umpanbalik terhadap prestasi belajar siswa dengan t(101)=2,234, p<0,05. Selain itutidak terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi jenis umpan balik danpersepsi siswa atas manfaat dari umpan balik terhadap prestasi belajar siswat(101)=-1,106, p>0,05. Selain itu dilakukan pula analisis tambahan yangmenunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara usia, jeniskelamin, durasi belajar, nilai uas dan kesukaan terhadap pelajaranKewarganegaraan dengan prestasi belajar siswa. ABSTRACT "Different types of feedback will give different effects on student achievement.""Descriptive feedback is more effective to use to help students improve their""academic achievement (Tunstall & Gipps, 1996). This study aims to determine the role of students' perceptions of the benefits of feedback in the relationship between the type of feedback on the learning achievement of high school students. The method used is an experimental method. Participants in this study were 101 students of class X SMA 3 Jakarta. The research was done by giving daily test about Citizenship lessons and single item questionnaire about perception of the benefit of feedback. The analysis showed there is a significant difference between the type of giving feedback on student achievement with t (101) = 2.753, p <0.05. Furthermore, a significant difference between students' perceptions of the benefits of feedback on student achievement with t (101) =""2.234, p <0.05. Moreover there is a significant difference between the type of feedback and interaction of students' perceptions on the benefits of feedback on student achievement t (101) = - 1.106, p> 0.05. Will be conducted additional analysis showing that there is a significant relationship between age, sex, duration of study, the value of final exam and liking for Citizenship lessons to student achievement." |
S63983-Annissa Ika Novia.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S63983 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 82 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S63983 | 14-17-613882055 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20429542 |