Gambaran tingkat harga diri yang dipersepsikan oleh mahasiswa S1 tingkat pertama RIK UI dalam mengikuti mata ajar kolaborasi dan kerjasama kesehatan I = The descriptive of self esteem level that perceived by first year undergraduate students in the clump of the faculties of health Universitas Indonesia in following collaboration and cooperation health course
Nana Nirmala;
Mustikasari, supervisor; Herni Susanti, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Harga diri mulai berkembang dari awal kehidupan seseorang dan terus dipengaruhi oleh banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tingkat harga diri yang dipersepsikan mahasiswa sarjana tingkat pertama Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia dalam mengikuti mata ajar Kolaborasi dan Kerjasama Kesehatan I. Metode penelitian ini menggunakan desain deskriptif yang melibatkan sebanyak 98 mahasiswa secara acak dengan kriteria mengikuti mata ajar tersebut, angkatan 2015, program sarjana reguler, berasal dari fakultas kedokteran, kedokteran gigi, kesehatan masyarakat, ilmu keperawatan dan farmasi. Instrumen yang digunakan yaitu Self Esteem Inventory. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang memiliki tingkat harga diri rendah jumlahnya masih signifikan yaitu 50%. Penelitian ini menyarankan agar setiap pihak fakultas memberikan dukungan, pelatihan dan pendidikan berupa soft skills (komunikasi, kepemimpinan, hubungan interpersonal) dan hard skill (keterampilan melakukan tindakan kesehatan) sebagai persiapan mengikuti kelas kolaborasi inteprofesional. ABSTRACT Self-esteem begins to develop at early ages and always influenced by many factors. This research objective is to obtain self-esteem that perceived by first year undergraduate students in the clump of the faculties of health Universitas Indonesia in following collaboration and cooperation health course. The research used descriptive design that involved 98 students randomly with criteria such as following the course, batch 2015, undergraduate regular program, students of medical, dentistry, public health, nursing or pharmaceutical. Self Esteem Inventory was used as instrument. The results showed that the number of students whose has low self-esteem are still significant (50%). This study recommends that each faculty need to give support, training and education about soft skills (communication, leadership, interpersonal relationship) and hard skill (skill to perform some health interventions) as preparation to follow interprofessional collaboration course. |
S63106-Nana Nirmala.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S63106 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 55 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S63106 | 14-18-022881623 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20429728 |