:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh regulasi emosi marah terhadap agresi pada remaja = The effect of anger regulation on aggression in adolescents

Adila Rahmanti Djauhari; Ina Saraswati, supervisor; Dianti Endang Kusumawardhani, examiner; Sali Rahadi Asih, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari regulasi emosi marah terhadap agresi pada remaja. Pengukuran agresi menggunakan Agression Questionnaire yang dikembangkan oleh Buss dan Perry (1992), sementara pengukuran regulasi emosi marah menggunakan 20-Item Short Version of the Anger Management Scale yang dikembangkan oleh Stith dan Hamby (2002). Partisipan dari penelitian ini berjumlah 287 orang dengan kriteria remaja berusia 16-21 tahun.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi emosi marah dapat mempengaruhi agresi pada remaja (F = 165.689, R2 = 0.395, p<0.01). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aspek regulasi emosi marah yang memiliki pengaruh paling besar terhadap agresi pada remaja adalah negative attribution. Berdasarkan hasil penelitian, penting untuk mempertimbangkan pelatihan regulasi emosi marah untuk mengintervensi menurunkan perilaku agresi pada remaja.

This research aimed to investigate whether there is a significant effect of anger regulation on aggression in adolescents. Aggression was measured with Agression Questionnaire that was constructed by Buss dan Perry (1992), while anger regulation was measured with 20-Item Short Version of the Anger Management Scale that was constructed by Stith dan Hamby (2002). There are 287 participants in this research, with the criteria of adolescents aged 16-21 years old.
The results of this research showed that anger regulation could affect aggression in adolescents (F = 165.689, R2 = .395, p<0.01), Furthermore, the results also showed that the aspect of anger regulation that has the biggest effect on aggression in adolescents is negative attribution. According to the results, it is important to consider anger regulation training to plan intervention to reduce aggressive behaviors in adolescents.

 File Digital: 1

Shelf
 S63298-Adila Rahmanti Djauhari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S63298
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 45 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S63298 14-17-769078183 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20430057