ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Budaya dalam Organisasidengan Komitmen Afektif terhadap Perubahan pada Perusahaan Rintisan BerbasisDigital. 113 responden dari berbagai perusahaan rintisan berbasis digital terlibat dalampenelitian ini. Alat ukur yang digunakan untuk Budaya dalam Organisasi adalahOrganizational Culture Survey (OCS) yang dikembangkan oleh Glaser, Zamanou, danHacker (1987), sementara Komitmen Afektif terhadap Perubahan Commitmen To Change Inventory (CTC Inventory) yang dikembangk anm eonleghg uMnaekyaenrdan Herscovitch (2002) dengan hanya mengambil dimensi dari Komitmen Afektifterhadap Perubahan. Kedua alat ukur tersebut sebelumnya telah di adaptasi ke dalamaBnathaaras aa Inntadroan eBsuiad.a Hyaa sdial ldaamri Opergnaenliitsiaansi mdeennguannju Kkkoamni atmdaenny Aa fheukbtuifn tgearnh aydaanpg Pseigrunbifaihkaann(r= 0,440, p<0,01). Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yangsignifikan antara setiap 6 komponen Budaya dalam Organisasi (Kerja tim & Konflik,Nuansa dan Moral, Alur Informasi, Keterlibatan, Supervisi, dan Rapat) denganKomitmen Afektif terhadap Perubahan. Penelitian ini diharapkan akan membantuperusahan-perusahaan rintisan berbasis digital untuk memahami variabel Budayadalam organisasi maupun komponen-komponennya yang berhubungan denganKomitmen Afektif, sehingga implementasi perubahan akan berhasil. ABSTRACT Commitment to Change in Digital Based Start-up. 113 Participants were involved inthi study. The measurement tools used in this study is the Organizational CultureSiurvey developed by Glaser, Zamanou, and Hacker (1987) Change Inventory (CTC Inventory) developed by Meyer and H earnsdc otvhietc hC (o2m0m02i)t.m Feonrtthe purpose of measuring Affective Commitment to Change, only items from thisdimension are used to measure Affective Commitment to Change. The Measurementtools were adapted into Bahasa Indonesia for better understanding. This study showedthat there is a significant relationship between Organizational Culture and AffectiveCommitment to Change (r= 0,440, p<0,01).. Furthermore, this study also found thatevery component form Organizational Culture (Teamwork & Conflict, Climate &aMnodr aslieg,n Iifnivcoanlvtleym ceonrtr, eIlnaftoedrm taot iAonff eFclotiwve, SCuopmermviitsmioenn, ta tnod Cmheaentgineg. sF) raorme atlhl ep roessiutilvt eolyfthis study, hopefully start-up companies can understand more about Organizationalculture or itof change implementations. |