:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perbandingan kesehatan mental dan regulasi emosi pada musikus dan nonmusikus = A comparative study of mental health and emotion regulation among musicians and non musicians

Avia Athalia; Kilis, Grace, supervisor; Ina Saraswati, examiner; Dianti Endang Kusumawardhani, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kesehatan mental dan kemampuan regulasi emosi antara musikus dan non-musikus. Sampel penelitian ini merupakan musikus dan non-musikus yang dibagi berdasarkan aktivitas musik individu mengacu pada Hanna-Plady dan MacKay (2011), berusia 19 ? 40 tahun yang berjumlah 679 orang terdiri atas 338 musikus dan 341 nonmusikus. Tingkat kesehatan mental dalam penelitian ini diukur menggunakan Mental Health Inventory-5 (MHI-5) yang dikembangkan oleh Veit dan Ware (1983), dan kemampuan regulasi emosi diukur dengan Difficulties in Emotion Regulation Scale (DERS) yang dikembangkan oleh Gratz dan Roemer (2003). Hasil dari penelitian ini menemukan adanya perbedaan tingkat kesehatan mental dan kemampuan regulasi emosi yang signifikan antara musikus dan nonmusikus. Kelompok musikus pada penelitian ini memiliki tingkat kesehatan mental dan kemampuan regulasi emosi yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan kelompok nonmusikus.

ABSTRACT
The objective of this study is to know the mental health condition and emotion regulation skill difference between musicians and non-musicians. Participants of this study are musicians and non-musicians that are divided by their musical activity refers to the classification of Hanna-Plady and MacKay (2011), aged 19-40 years. There are 679 participants in total which consist of 338 musicians and 341 non-musicians. Mental health was measured using the Mental Health Inventory-5 (MHI-5) developed by Veit and Ware (1983), and emotion regulation was measured using the Difficulties in Emotion Regulation Scale (DERS) developed by Gratz and Roemer (2003). This research found that there is a significant difference between musicians and non-musicians in mental health and emotion regulation. The musicians have significantly higher level of mental health and emotion regulation compared to non-musicians.

 File Digital: 1

Shelf
 S62790-Avia Athalia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S62790
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 60 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S62790 14-18-708619087 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20430286