ABSTRAK Penekanan terhadap representasi visual, seperti tampilan fisik, kostum dankoreografi tari membuat girlband dan boyband K-pop menjadi terseksualisasi,menjadikan mereka hanya sebagai gambaran objek seksual. Pada musik video,yang merupakan media paling utama bagi girlband dan boyband K-pop generasikedua dalam mempromosikan lagu serta menghimpun penggemar dari global,seksualisasi ini ditunjukkan dengan gambaran tubuh perempuan dan posisinyadari laki-laki. Pada tahun 2015, kecenderungan berbeda ditunjukkan oleh BrownEyed Girls dan Stellar yang memunculkan tanda-tanda (sign) merujuk padagenital perempuan. Bahkan Big Bang, kelompok boyband juga ikut menampilkanhal serupa. Menggunakan pemikiran Julia Kristeva tentang abjeksi terhadap tubuhperempuan, tiga video tersebut dianalisa menggunakan metode semiotikapragmatis Pierce untuk menemukan makna di balik simbol-simbol yang menjaditanda bagi subjektifitas. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa musik BigBangdengan lagu Bae Bae menunjukkan subjektifitas perempuan yang pasif dan aktifbagi laki-laki seperti pada ajaran Konfusius, lagu Brown Eyed Girls,menunjukkan subjektifitas perempuan pada era 1960-an yang menjadikantubuhnya sebagai ekspresi diri dan identitas feminin, sementara musik videoStellar Vibrato menunjukkan komersialisasi tubuh dalam industri K-pop. ABSTRACT K-pop girlband and boyband has been emphasized visual representations on theirphysical appearance, costume, and dance choreography which make their ownbeen sexualized as sexual imagery. This sexualization can also been found on Onthe music video, the main media for second wave K-pop to promote song andgather global fans, potrays women body and their position from man. In 2015, thesexualization coming with new trends which the sexual innuendos that refer tofemale genitalia is significantly appear. There are three music videos which thegirlbands, Brown Eyed Girls, Stellar and Big Bang boyband showed this kind ofsexual innuendos in their new single. Using the Kristeva thought and Peircepragmatics semiotics, this research found that on Big Bang Bae Bae music video,the genitalia signs is potrayed woman and man subjectivity based onConfusianism. Meanwhile, on Brown Eyed Girls music video, the subjectivityrepresentation is related to Korean women who in 1990?s transformed their bodyas expression and feminine identity. The transformation on woman thought abouttheir mind and body is comersialized on K-pop industry which can be observed onStellar music video. |