Serial animasi keluarga somat sebagai media edukasi anak mengenai budaya Indonesia = Animated series keluarga somat as media of child education on Indonesian culture
Dwi Sulistyaningsih;
Nina Mutmainnah, supervisor; Endah Triastuti, examiner; Dewi Chandra Kirana, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Studi ini memberikan gambaran mengenai bagaimana elemen budayaIndonesia digambarkan dalam serial animasi ?Keluarga Somat?. Penelitian inijuga menggembarkan bagaimana peran serial animasi tersebut sebagai mediaedukasi anak mengenai budaya Indonesia. Penelitian ini dikaji denganmenggunakan metode analisis konten dengan metode framing Gamson danModigliani dan wawancara mendalam dengan produser dan penyiar tayangan.Peneliti melakukan pengamatan terhadap dua puluh judul episode ?KeluargaSomat? yang dapat ditemukan di internet, kemudian peneliti melakukantranskrip dan intepretasi terhadap 5 episode yang paling mewakili elemenbudaya Samovar. Peneliti menemukan 5 bingkai utama yang mewakili elemenbudaya Samovar, antara lain:agama sebagai dasar sikap dan tindakanmasyarakat, perjuangan kemerdekaan sebagai pengetahuan sejarah yangpenting, universalism sebagai nilai budaya Indonesia, keluarga sebagaiorganisasi sosial yang utama, dan penggunaan Bahasa Indonesia sebagaibahasa nasional. Peneliti juga menemukan jika cerita dan format tayangansesuai dengan asumsi pembelajaran tematik 2013 sehingga dapat menjadimedia edukasi alternatif anak mengenai budaya Indonesia. ABSTRACT This study provides an overview of how the elements of Indonesian culturedepicted in the animated series "Keluarga Somat". The study also describeshow the role of the animated series as media of child education onIndonesian culture. This study assessed using content analysis method withframing method by Gamson and Modigliani and in-depth interviews withproducers and broadcasters. Researcher did observation to twenty episodes of?Keluarga Somat? which can found in internet, then do transcript andinterpret to five episodes whose content most represent Samovar?s cultureelement. Researcher found 5 basic frames which represent those fiveSamovar?s culture element, which are: religion as society?s basic idea,national struggle history is relevant knowledge, universalism as Indonesiaculture value, family as main social organization and the need to use BahasaIndonesia as national language. Researchers found that framing of theimportance of intact families and Indonesian pluralism as the main themeraised in the series. Researchers also found that the story and display form inaccordance with the assumption of thematic learning in 2013 so that it can bean alternative media of child education on Indonesian culture |
S64908-Dwi sulistyaningsih .pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S64908 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 92 pages : illustration ; 29 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S64908 | 14-18-448177384 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20430413 |