Perubahan pengetahuan dan sikap siswa kelas VII mengenai rokok serta faktor yang mempengaruhinya pada program generasi sehat tanpa rokok di lima sekolah Kota Depok tahun 2015 = Changes on knowledge and attitude among 7th grade students toward cigarettes and the affecting factors in generasi sehat tanpa rokok program in five schools in Depok year 2015
Febriyani Wulandari;
Tri Krianto, supervisor; Evi Martha, examiner; Tri Wahyuningsih, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Skripsi ini membahas detail perubahan pengetahuan dan sikap siswa kelas VIISMP/MTs di lima sekolah kota Depok yang diberi pendidikan sebaya serta faktorapa saja yang memudahkan dan menghambat pendidik sebaya dalam menyampaikaninformasi pada program Generasi Sehat Tanpa Rokok (GENSTAR). Penelitian inimenggunakan mixed method, yaitu penelitian kuantitatif menggunakan data sekunderdengan studi intervensi dan kualitatif untuk pendalaman dari penelitian kuantitatifdengan desain rapid assessment procedure. Hasil penelitian kuantitatif didapatkanbahwa perubahan rata-rata pengetahuan dan sikap tentang bahaya rokok dankandungannya pada siswa kelas VII sebesar 25,4% untuk pengetahuan dan 5,8%untuk sikap. Adapun faktor yang memudahkan penyampaian informasi adalah mediaalat bantu dan pendampingan guru. Kondisi kelas yang berisik menjadi hambatanhampir semua pendidik sebaya dalam menyampaikan informasi. Apabila hambatanhambatantersebut dapat diatasi, program pendidik sebaya GENSTAR akan mampumemberikan peningkatan yang lebih besar pada pengetahun dan sikap siswa yangdiberi intervensi. ABSTRACT This study discusses the changes? detail on knowledge and attitude among 7th gradestudents in five schools in Depok which has been educated by peer educator as wellas both the factors that facilitate and inhibit peer educators in conveying informationalong the program named Generasi Sehat Tanpa Rokok (GENSTAR). This studyuses a mixed method, namely quantitative design using secondary data of theintervention studies, and qualitative design as an extend to the quantitative studyusing rapid assessment procedure. The results of quantitative research shows theaverage changes in knowledge and attitudes toward the dangers of smoking cigaretteand its contents among 7th grade students are increased by 25.4% and 5.8%. Thefactors that facilitate the delivery of information are media tools and mentoringteachers. Noisy classroom conditions inhibit most of the peer educators in conveyinginformation. If those barriers could be overcome, GENSTAR will be able to providegreater improvement in knowledge and attitudes of students who were given theintervention.;; |
![]()
|
No. Panggil : | S65213 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 85 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S65213 | 14-18-928159626 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20430702 |