:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan komitmen organisasi dengan status identitas pada anggota organisasi AIESEC di Indonesia = Relationship between organizational commitment and identity status among AIESEC members in Indonesia

Citra Zainuri; Julia Suleeman, supervisor; Eko Aditya Meinarno, supervisor; Rose Mini Agoes Salim, supervisor; Andi Supandi Suaid Koentary, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Kegiatan sosial pada emerging adulthood merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan. Dikarenakan pada masa ini individu sedang berada dalam tahap perkembangan identitas dirinya. Tidak terkecuali dengan keterlibatan individu didalam suatu organisasi kepemudaan. Pada penelitian ini, peneliti berfokus pada bagaimana suatu komitmen anak muda Indonesia didalam organisasi memiliki hubungan dengan status identitas dari individu. Dalam hal ini komitmen terhadap organisasi dan status identitas akan diukur untuk menjawab permasalahan penelitian. Dalam penelitian ini, organisasi yang menjadi fokus penelitian adalah organisasi AIESEC di Indonesia. Dikarenakan permasalahan yang ditemukan di dalam organisasi cenderung merepresentasikan kegiatan yang mempengaruhi pembentukan status identitas, yaitu kegiatan yang bersifat mendorong anggotanya bereksplorasi dan berkomitmen. Desain pada penelitian ini bersifat korelasional dengan melihat hubungan dari kedua variabel, yaitu komitmen terhadap organisasi dan status identitas. Selain itu dalam penelitian ini juga dilihat hubungan antara komitmen terhadap organisasi dan tiap status identitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen terhadap organisasi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan status identitas pada anggota AIESEC di Indonesia. Begitu pula dengan hubungannya dengan setiap status, komitmen terhadap organisasi hanya berhubungan dengan satu status yaitu forclosre di antara empat status lainnya yaitu achievement, moratorium, dan diffusion. Dimana hal ini memberikan refleksi kepada kegiatan yang bersifat organisasional untuk selanjutnya dapat memberikan dampak terhadap pembentukan identitas diri pada anak-anak muda di Indonesia.

Social activity within emerging adulthood is one thing that we have to put concern about. Because in this period, individual in the phase of developing their self-identity. Including in getting involved in a youth organization that we can find everywhere. In this research, researcher focusing on how Indonesian youth involvement in an organization has a relationship with someone‟s identity status. In this case, we are using organizational commitment and identity status to measure in terms of answering this research questions. The organization that researcher chose is AIESEC in Indonesia based on its organizational prblems that found in their activities that represent identity status, which are doing exploration and commitment. This research is a correlational research, to find out about the relationship between organizational commitment and identity status among AIESEC members in Indonesia. Beside that, this research also finds out the relationship between organizational commitment with each of statuses in identity status model. The result of this research is there‟s no significant relationship between organizational commitment and identity status among AIESEC members in Indonesia. Also there are not significant relationships with each statuse in four statuses except for forclosure. Which are these findings give the organizations that have activities within youth to developing themselves so that they can give contribution in the formation of self-identity among Indonesian youth.

 File Digital: 1

Shelf
 S62942-Citra Zainuri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S62942
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xii, 42 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S62942 14-24-55555616 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20430801