:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis kualitas total suspended particulate di basement pusat perbelanjaan: studi kasus: Summarecon Mall Bekasi = Quality analysis of total suspended particulate in department store parking basement: case study Summarecon Mall Bekasi

Muhammad Idham; El Khobar Muhaemin Nazech, supervisor; ; Heni Suseno, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Total Suspended Particulate (TSP) atau yang biasa dikenal sebagai partikulat (debu) merupakan salah satu sumber pencemar udara yang utama. Sumber pencemar di udara dapat dihasilkan oleh fenomena alam maupun kegiatan manusia seperti penggunaan kendaraan bermotor. Di Kota Bekasi tingginya jumlah angka kendaraan bermotor yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun berpotensi memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan kualitas udara secara keseluruhan di kota tersebut. Pada saat ini banyak gedung perkantoran maupun pusat perbelanjaan yang dibangun dengan menggunakan area parkir basement dengan tujuan efisiensi ruang dan waktu. Summarecon Mall Bekasi sebagai salah satu mall terbesar di Kota Bekasi dengan parkir basement yang memadai, jumlah kendaraan yang masuk ke area parkir ini dalam sehari terbilang cukup tinggi. Kendaraan bermotor yang masuk ke dalam area basement mengemisikan partikulat dalam kadar tertentu yang dapat memberikan dampak negatif kepada para pegawai yang bekerja di basement tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis konsentrasi dan ukuran diameter partikulat dalam parameter Total Suspended Particulate (TSP) beserta dampaknya terhadap tingkat kenyamanan dan kesehatan pegawai melalui kuesioner. Melalui penelitian ini diketahui konsentrasi TSP tertinggi di basement diketahui sebesar 326,28 g/m3 yang berarti telah melewati ambang batas baku mutu yang telah ditetapkan yaitu sebesar 230 g/m3 untuk parameter Total Suspended Particulate, dengan ukuran diameter partikulat yang termasuk dalam kategori PM2,5, PM10, dan lebih besar dari keduanya.

ABSTRACT
Total Suspended Particulate (TSP) or in simplify as known as particulate matter (dust) constitute one of major class of air pollution. The source of air pollution can be emmited by natural phenomena or human activity like utilization of motor vehicle. In Bekasi City numerous number of motor vehicle and its growth from years to years have a potent to reduce air quality in this city at significant rate. Today many building like offices or departement store had been founded using basement parking for space and time efficiency. Summarecon Mall Bekasi as one of the biggest departement store in Bekasi City with adequate basement parking space, the numbers of motor vehicle enter this parking site is quite high. Motor vehichle in basement area emitted an amount of particluate matter that can give ngetive impact to the employee who working in basement area. This research was aiming at finding out and analyze concentration and diameter size of partculate matter in Total Suspended Particulate (TSP) parameter and its effect to employee comfortness dan health through questionnaire. From this research, given the highest concentration is founded on basement parking is 326,28 g/m3 and it means this concentration exceeds air standart that had maximal concentration 230 μg/m3 for Total Suspended Particulate Parameter, with the diameter size of particulate matter include in PM2,5, PM10 categories and bigger than both.

 File Digital: 1

Shelf
 S64928-Muhammad Idham.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S64928
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 75 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S64928 14-18-027092992 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20431321