:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa reguler FIK UI Angkatan 2011 tentang pemberian obat sitostatika (kemoterapi intervena) yang aman = Safety intravenous chemotherapy related knowledge evaluation among nursing students in Faculty of Nursing Universitas Indonesia / Galih Widyasmoro

Galih Widyasmoro; Tuti Herawati, supervisor; Agung Waluyo, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Pengetahuan yang tepat diperlukan dalam penanganan sediaan sitostatika untuk mengurangi paparan akibat kecelakaan kerja dan meningkatkan keamanan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa keperawatan terhadap pemberian obat sitostatika (kemoterapi intravena) yang aman. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik total sampling. Kuesioner yang dipergunakan merupakan adaptasi dari Exposure of Chemotherapy Drug Questionnaire. Hasil menunjukkan sebanyak 81,6% (71 dari 87) responden berada pada tingkat pengetahuan yang rendah dengan skor kurang dari tiga puluh. Hanya terdapat 16% responden yang berada pada tingkat pengetahuan tinggi, dengan skor antara tiga puluh sampai empat puluh. Responden tanpa kepemilikan informasi memiliki kecenderungan berada pada tingkat pengetahuan yang rendah. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa mahasiswa keperawatan memiliki pengetahuan yang tidak memadai terhadap penatalaksanaan kemoterapi yang aman. Penyesuaian kurikulum diperlukan untuk memberikan pembekalan yang sesuai pada mahasiswa keperawatan sehingga dapat meningkatkan pelayanan keperawatan profesional yang berkualitas.

ABSTRACT
Sufficient knowledge needed when handling cytostatic drug to minimize exposure due to work accident and to increase patient safety. The aim of this study is to evaluate nursing students’ knowledge in safe handling of chemotherapy drug. Descriptive method used with total sampling technique. The questionnaire was adapted from Exposure of Chemotherapy Drug Questionnaire. The result shows 81,6% (71 of 87) respondents had low level of knowledge with a score less than thirty. Only 16% respondents had high level of knowledge, with a score between thirty to forty. Respondents with no possession of knowledge had tendency to have low rate of knowledge. The result shows majority of nursing students have insufficient knowledge in handling with chemotherapy. This report suggests conforming curriculum in nursing education is needed to give sufficient knowledge for nursing student in purpose to increase professional nursing care.

 File Digital: 1

Shelf
 S63494-Galih Widyasmoro.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S63494
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xvi, 103 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S63494 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20431503