ABSTRAK Lerkanidipin adalah antihipertensi generasi ketiga dari penghambat kanal kalsium(antagonis kalsium) golongan dihidropiridin. Obat ini efektif dalam pengobatan pasiendengan hipertensi ringan sampai sedang tanpa mempengaruhi denyut jantung. Sebagai obatyang digunakan dalam kondisi serius, obat ini perlu dilakukan uji bioekivalensi sehinggaperlu dikembangkan metode bioanalisis yang handal, cepat, dan memiliki sensitivitas yangtinggi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memperoleh metode yang optimumdan tervalidasi untuk menganalisis lerkanidipin dalam plasma menggunakan KromatografiCair Kinerja Ultra Tinggi tandem Spektrometri Massa (KCKUT-SM/SM). Pemisahandilakukan menggunakan kolom Waters AcquityTM UPLC C18 1,7 μm (2,1 x 100 mm)dengan fase gerak berupa campuran asam format 0,1% - metanol (20:80 v/v) dengan elusiisokratik, suhu kolom 30 oC, laju alir 0,2 mL/menit dan menggunakan amlodipin sebagaibaku dalam. Deteksi massa dilakukan dengan Waters Xevo TQD tipe ElectrosprayIonization (ESI) positif pada mode Multiple Reaction Monitoring. Lerkanidipin terdeteksipada nilai m/z 612,11 > 280,27 dan amlodipin terdeteksi pada nilai m/z 409,1 > 238,15.Metode preparasi sampel yang optimum adalah metode ekstraksi cair-cair dengan 5 mLcampuran n-heksana ? etil asetat (50:50 v/v) sebagai pengekstraksi, pengocokan denganvorteks selama 3 menit, pemutaran dengan sentrifugasi 4000 rpm selama 20 menit,evaporasi dengan gas nitrogen suhu 50 oC selama 30 menit, serta direkonstitusi dengan 100μl fase gerak. Metode ini linear pada rentang 0,025 ? 10 ng/mL dengan r ≥ 0,9986. Akurasidan presisi secara intra hari dan antar hari memenuhi persyaratan dengan nilai % diff dan %KV tidak melebihi ± 15% dan tidak lebih dari ± 20% untuk konsentrasi LLOQ. Selain itu,metode ini memenuhi persyaratan selektivitas, carry over, stabilitas, integritas pengenceran,dan efek matriks sesuai Guideline on Bioanalytical Method Validation oleh EuropeanMedicines Agency tahun 2011. ABSTRACT For the past five years, China?s economic growth has been increased significantly.However, public perception of the product from China is still not good. Based onthat problem, the objective of this research is to analyze the influence of the countryof origin towards the purchase intention. This research applied the quantitativeapproach with 100 respondents who have the willingness to buy the Xiaomi?ssmartphone, as the sample. The result of this research indicates that the country oforigin has a significant effect towards the purchase intention. |