Penerapan prinsip mengenal nasabah (customer due dilligence) dalam self service banking machine dan hybrid machine Bank Rakyat Indonesia = Application of customer due diligence in the self service banking machine and hybrid machine Bank Rakyat Indonesia
Andy Setyadi;
Yunus Husein, supervisor; Aad Rusyad Nurdin, examiner; Nadia Maulisa, examiner; Rouli Anita Velentina, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Dewasa ini masyarakat semakin dimanjakan oleh teknologi, sehingga bankdituntut oleh masyarakat modern memberikan kemudahan-kemudahan dalammelakukan kegiatan perbankan. Salah satu pelayanan jasa bank yang tergolongbaru saat ini adalah layanan hybrid machine dan self service banking machine BRIyaitu layanan pembukaan rekening yang dapat dilakukan oleh nasabah sendiritanpa harus mengantri di bank. Layanan ini pertama kali dikembangkan oleh BankBRI pada tahun 2014. Di sisi lain dalam peraturan perundang-undangan diIndonesia dikenal sebuah prinsip, yaitu prinsip menganal nasabah (CDD), yangmewajibkan adanya pertemuan langsung antara pihak bank dengan nasabah.Peneliti ingin mengkaji bagaimanakah perkembangan peraturan terkait prinsiptersebut, dan bagaimanakah layanan baru perbankan, Self Service Banking, dapatmemenuhi prinsip tersebut. Penelitian ini akan dilakukan dengan metodekualitatif,menggunakan penelitian yuridis normative, dengan melakukanwawancara langsung kepada pihak BRI. BRI telah bekerjasama denganKementrian Dalam Negeri untuk mengembangkan reader KTP Elektronik, dantapping fingerprint. Hal ini lah yang mendasari sistem keamanan BRI dalam halpemenuhan Prinsip Mengenal Nasabah. ABSTRACT Nowadays people are increasingly spoiled by technology, so that the bank isrequired by modern societies provide easiness in conducting banking activities.One bank services that are new this time is a hybrid service machine and selfservicebanking machine, is account opening service can be done by the customerhimself without having to queue at the bank. This product was developed by BRIin 2014. In the legislation in Indonesia is known Customer Due Diligence.Researchers wanted to examine how the regulatory developments related to theseprinciples, and how a new service banking, Self Service Banking, can meet theseprinciples. This study will be conducted by a qualitative method, using anormative juridical research, with direct interviews to the BRI. BRI hascooperated with Kementrian Dalam Negeri to develop Electronic ID card readerand fingerprint tapping. This is the one underlying security system BRI infulfilling CDD. |
S63969-Andy Setryadi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S63969 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 100 pages : illustration ; 30 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S63969 | 14-18-273975343 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20431973 |