:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Melaut di kota: migrasi permanen nelayan indramayu ke kampung nelayan Cilincing, Jakarta Utara = Urban fishing the permanent migration of Indramayu fishermen to kampung nelayan Cilincing, north Jakarta

Nurul Akmalia; Semiarto Aji Purwanto, supervisor; Prihandoko Sanjatmiko, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Skripsi ini mengkaji migrasi di kalangan nelayan Indramayu ke wilayah perkotaan Cilincing, Jakarta Utara. Migrasi desa kota di kalangan nelayan Indramayu menjadi fokus utama penelitian ini karena kehidupan nelayan yang kerap dinamis selalu berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang memiliki sumber daya laut melimpah demi mendapatkan hasil tangkapan ikan yang banyak. Namun yang terjadi pada temuan lapangan saya kali ini, kepergian nelayan dari Indramayu ke Cilincing tidak didasari oleh wilayah penangkapan ikan. Migrasi yang terjadi di kalangan nelayan Indramayu ke Cilincing didasari oleh keunggulan yang dimiliki kota sebagai peluang untuk menaikan taraf hidup nelayan Indramayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan pengamatan terlibat dengan berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari nelayan di Cilincing.

This study examines the permanent migration of Indramayu fishermen to the urban area of Cilincing, North Jakarta. It is often assumed that migration happens in areas with rich natural resources as an attempt to increase the accumulated number of fish captured by the fishermen. But, from what I have found in this study, fish has nothing to do with the migration of Indramayu fishermen to Cilincing. Rather, it is based upon the premise that urban areas offer opportunity to improve the life quality of Indramayu fishermen. The method used in this research is a qualitative research method with techniques such as indepth interview and observation participation in the daily activities of fisherman in Cilincing.

 File Digital: 1

Shelf
 S63549-Nurul Akmalia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S63549
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xv, 83 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S63549 14-20-545696133 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432035