:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Citra perempuan yang merantau dalam puisi Rendra = Portrayals of female flaneur in Rendra's poems

Suwandi; Ibnu Wahyudi, supervisor; R. Niken Pramanik, examiner; Mamlahatun Buduroh, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK<>br>
Dalam kesusasteraan Indonesia, Rendra adalah sastrawan yang banyak mengungkapkan tema sosial. Hal tersebut sesuai dengan puisi ?Aminah?, ?Perjalanan Bu Aminah?, dan ?Perempuan yang Tergusur? karya Rendra yang mengisahkan perempuan yang merantau. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan citra perempuan yang merantau di dalam puisi-puisi tersebut. Perempuan yang merantau yang dikisahkan Rendra mengalami perubahan watak dan ketidakadilan di kota dan di desa. Gambaran perempuan yang merantau tersebut masih relevan dengan masa kini. Dalam menyikapi fenomena tersebut, Rendra memberikan amanat untuk hidup bersyukur, bertakwa, dan bersabar. Oleh karena itu, representasi perempuan yang merantau tersebut dapat menjadi ilham bagi pembaca.

ABSTRACT
Within Indonesian literature, Rendra is well-known as a prominent poet whose works are centered on social issues. Some examples of his literary works include ?Aminah?, ?Perjalanan Bu Aminah?, and ?Perempuan yang Tergusur? which observe the lives of female flaneur. This research is aimed at explaining the depictions of female flanuer in aforementioned poems. The women in the stated poems face injustice and undergo some changes in their traits both in urban and rural areas. The depictions of the female flaneur are still relevant to date. In response to such a phenomenon, Rendra suggests that one be gratitude, cautious, and patient. Therefore, representations of such female flanuer can become enlightenment to the readers.

 File Digital: 1

Shelf
 S65528-Suwandi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S65528
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 101 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S65528 14-18-678179238 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432183