Pengaruh e-service quality dari website internet banking terhadap brand equity melalui variabel mediator perceived value dan corporate credibility = How e-service quality of website internet banking influences brand equity through dual mediating role of perceived value and corporate credibility / Sorta Vera Nani Ida Silitonga
Silitonga, Sorta Vera Nani Ida;
Nurdin Sobari, supervisor; Bagio Nugroho Karno, supervisor; Yeshika Alversia, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Teknologi informasi dan internet menjadi semakin penting bagi industri perbankan,tidak saja menjawab tuntutan nasabah yang megingingkan layanan yang efisien,tetapi juga bagi bank sebagai salah satu strategi untuk memenangkan competitiveadvantage. Teknologi dimanfaatkan dalam strategi pemasaran untuk meningkatkanpenyampaian superior quality dari service. Bank mulai membuat web portal, temasukinternet banking yang memiliki pelayanan layaknya pelayanan di cabang. Bagiindustri jasa terutama industri perbankan yang sifat industrinya homogenmenciptakan superior service adalah strategi ?differentiation?. Tingginya persaingandi industri perbankan yang bersifat homogen memaksa para manager untukmenciptakan brand yang kuat dengan meningkatkan kredibilitas dan perceived valueyang berbeda dari kompetitornya. Karena brand yang kuat tidak saja membantuperusahaan dari segi financial dan kesinambungan perusahaan itu sendiri, tapi jugamembantu masyarakat dalam mengambil keputusan untuk membeli.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh e-service quality baik lewatpengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung terhadap brand equity padalayanan website internet banking. Pengaruh tidak langsung terjadi melalui variabelmediator perceived value dan corporate credibility. Konsep brand equity mengacupada konsep consumer-based brand equity. Sebanyak 257 responden yang memilikidan menggunakan website internet banking bank BCA, Bank Mandiri dan Citibankberpartisipasi mengisi kuesioner (email maupun printed) dan analisis datamenggunakan SEM (Structural Equation Modelling).Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa e-service quality memiliki pengaruh yangpositif terhadap brand equity tetapi terjadi secara tidak langsung. E-service akanmempengaruhi secara signifikan brand equity apabila bank memiliki corporatecredibility dan perceived value yang tinggi. ABSTRACT The internet and information techonology become more and more important not onlyto provide customers with efficient banking services, but also for banks to wincompetitive advandage. Technology is utilized in marketing strategy to create andimprove the superior service. Banks have begun to set up their own web portals,include banking that has service as a branch. For service industry, especially banks,creating superior quality of service is a strategy to differentiate itself from otherservice providers. The high competition in this industry become a challenge formanagers to create strong brand by improving credibility and perceived value whichis different from competitors. A strong brand not only deliver strong financial andsustainability for a firm but also help people to do purchase decision.This research has purpose to analize the influence of e-service quality both direct andindirect influence in service of website internet banking. Indirect influence will bemediated by corporate credibility and perceived value. Definition of brand equityrefers to consumer-based brand equity. About 257 respondens who have and usewebsite internet banking of BCA, Bank Mandiri and Citibank participate to answerthe questioner (email or printed). The primary data will be analysed using StructuralEquation Modelling (SEM).Result shows that e-service quality has indirect influence to brand equity. E-serviceinfluences significantly brand equity if banks have high corporate credibility andperceived value. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 212 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-937204554 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432290 |