ABSTRAK Penelitian kualitatif ini memaparkan pemikiran Pierre Bourdieu dan Theo vanLeuween dalam membongkar kekerasan simbolik terhadap perempuan melaluimedium fotografi di facebook. Pemaknaan foto melalui semiotika sosial Theo vanLeuween merupakan hasil objektif-subjektif peneliti yang dikonfirmasi olehinforman, dilanjutkan dengan analisis mendalam dari pemikiran Pierre Boudieutentang Habitus, doxa, modal, dan arena sebagai struktur pembentukan kekerasansimbolik. Bentuk-bentuk kekerasan simbolik yang dilihat dari semiotika sosialadalah fokus utama foto ada pada bagian payudara, penggunaan atribusi fotografi(kamera, lensa, tripod, tas kamera, warna kaos) untuk mendominasi perempuan,kata-kata vulgar dalam group facebook KFI, serta jenis pakaian yang dikenakanperempuan saat pemotretan. Hasil temuan dari penelitian ini adalah terbentuknyahabitus fotografi portrait sebagai medium untuk mendominasi perempuan sertagroup facebook KFI sebagai arenanya yang dibangun atas dasar budaya patriarki,dimana dalam KFI tidak terdapat fungsi sensor dalam pembatasan pornografi.Kekerasan simbolik juga terpelihara karena adanya hubungan transaksional,fungsi rekreasi, nilai ekonomi serta upaya pendakian status anggota KFI dengancara mengunggah foto perempuan seksi di group facebook KFI. Struktur habitusini dibentuk dari berbagai aspek, yaitu modal ekonomi, modal simbolik (edukasi),sejarah fotografi, hunting model, industri kamera serta facebook ABSTRACT This qualitative research examined to investigate symbolic violence againstwomen on Indonesian Photography Community online (KFI) on facebook throughportrait photography. The meaning of image (portrait of women) were profoundlyand critically analyzed by, both subjectivity and objectivity, expending Habitus,doxa, modal and field theory by Pierre Bourdieu, utilizing van Leuween‟s socialsemiotic and confirmed by spokesperson. The form of symbolic violence againstwomen done within various areas. Breast is the main focus of the images,photography attribution (camera, telephoto lens, tripod, camera bag, shirt) use as asymbols of domination, dirty comment on facebook, and obviously the fashionwere threaded as symbolic violence. The main result of this research argue thatphotography is the core medium to dominate women and facebook group KFI asthe central field without pornography censorship as constructed by culture ofpatriarchy. Symbolic violence were continued in KFI as transactional relationship,refreshing, economic value, and social climb, by upload various photograph ofsexy women. This structure of Habitus shape by economic modal, symbolicmodal, education, history of photography in Indonesia, hunting model, cameraindustry and facebook. |