ABSTRAK Penelitian ini membahas konstruksi sosial pengajar Ilmu Perpustakaan terhadap keilmuanbidang Ilmu Perpustakaan dalam mempersiapkan profesionalisme mahasiswa S1 IlmuPerpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakanmetode fenomenologi.Hasil penelitian ini, Pertama, berdasarkan proses dialektika Peter L. Berger, proseskonstruksi sosial pengajar ilmu perpustakaan di perguruan tinggi swasta bertumpu padapengalaman pengajar, nilai dan prinsip instansi yang menyelenggarakan program studiilmu perpustakaan. Kedua, adanya keseimbangan kuasa antara pengajar denganmahasiswa Ilmu Perpustakaan dalam proses pembelajaran. Ketiga, aktivitas yangbersifat konsisten yaitu diadakannya kuliah tujuh menit pra rapat guna meningkatkanprofesionalisme civitas akademika. Keempat, proses konstruksi sosial yang terjadiadalah kooperasi, bekerja sama dilandasi oleh minat, perhatian dan kesepakatan bersamadalam organisasi perguruan tinggi swasta program studi Ilmu Perpustakaan.Sebagai masukan dari penelitian ini, bagi perguruan tinggi secara umum diharapkanadanya kesesuaian visi misi dan kurikulum dengan fakultas yang menaungi agar adanyasinkronisasi antar keduanya. Perlunya kerjasama antar perguruan tinggi secara umumyang memiliki program studi Ilmu Perpustakaan untuk meningkatkan minat terhadapIlmu Perpustakaan serta melestarikan dan mengembangkan keilmuan bidang IlmuPerpustakaan. Begitu juga dengan pemerintah, perlunya meningkatkan kebijakan gunamenjunjung tinggi dan mendukung prospek kerja bagi mahasiswa pasca lulusan bidangilmu perpustakaan dan informasi. ABSTRACT This research discusses the social construction of library science lecturers in the field ofLibrary Science in preparing professionalism for undergraduate student of LibraryScience. This is a qualitative study with the phenomenological method.The results of this study, Firstly, based on dialectical process of Peter L. Berger, theprocess of social constuction of library science teaching in private universities rely onteaching experience, values and principles of the agency which organizes courses oflibrary science. Secondly, the balance of power between lecturers and students of LibraryScience in the learning process. Thirdly, the event that occurred and sustain, namely theholding of pre-meeting lecturers seven minutes (pra-kultum) in order to increase theprofessionalism of the academic community. Fourth, the process of social constructionthat occurs is a working cooperation based on interest, concern and mutual agreement inthe organization of private university in program of Library Science.Finding of this research, the college expect that cooperation the vision, mission andcurriculum standardised with the faculty, in order to create the synchronization betweenboth of them. The need of cooperation between universities which have Library Scienceraising interest in Library Science and preserving and developing the scholarly field ofLibrary Science courses. The government also needs to improve policies in order touphold and support the employment prospects for post-graduate students of library andinformation science. |