ABSTRAK Social Media adalah perkembangan baru dalam jejaring sosial berbasisinternet yang mampu menghubungkan sekelompok orang, untuk saling berbagiinformasi, ide, pemikiran dan pendapat mereka. Interaksi yang terjadi bertujuanuntuk membangun kepercayaan dalam komunitas digital. Seiring perkembanganteknologi informasi memicu kemunculan beragam komunitas online berbasissocial media, salah satunya adalah Komunitas Indo Runners.Penelitian ini membuktikan telah terjadi komodifikasi khalayak padaKomunitas Online, dimana tindakan sharing informasi di social media sebenarnyamerupakan bentuk digital free labour atau tenaga kerja gratis, dimana khalayaktanpa disadari telah bekerja sehingga memberikan keuntungan ekonomi padapihak lain, tanpa disadari. Khalayak dijadikan komoditas dengan memanfaatkankarakteristik komunal suatu komunitas sebagai perekat kebersamaan dalamkomunitas. Semakin tinggi jumlah khalayak, maka akan semakin besar pula nilaikomoditasnya. Di era serba digital dengan keluasan informasi tanpa batas,komoditas sesungguhnya yang dipertukarkan adalah big data.Implikasi penelitian adalah memberi pemahaman mengenai bagaimanadampak dari penggunaan social media sebagai medium untuk membentukkomunitas, bahwa akan rentan mengalami apa yang disebut komodifikasi.Anggota komunitas sekaligus pengguna aktif social media telah dieksploitasi olehpihak-pihak yang memiliki kuasa atas data dan informasi, yaitu pembentukkomunitas. ABSTRACT Social Media is a new development in internet-based social networks, thathas the ability to connect a group of people, to share information, ideas, andthoughts with each others. The Purpose of nteraction is to build trust in digitalcommunity. As it develops, information technology triggered the rise of a variousonline community which based on social media, one of which is the Indo RunnersCommunity.This research demonstrates and proofed that Mass Commodification doestake places towards Online Community, because information sharing in socialmedia is actually digital free labour or just simply a labour with no pay, thus theMass unexpectedly derives economic values. The Mass has become a commodityby maximizing the communal?s characteristics to keep it intact. The higher thenumber of Mass, the value of the commodity?s price goes up. In the era ofunlimited information, the true commodity for trade are Big Data.The Implication o f the research is to provide understanding on how doesthe impact of social media utilization as a platform to create community is proneto the so called commodification. The community member whom also socialmedia active user has been exploited by certain groups that hold the power overdata and information, which is the Community Creator. |