Efek bingkai berita online terhadap penilaian heuristik individu (studi eksperimen berita politik) = Frame effect of news online to individual heuristic judgement experimental (study of political news) / Angga Ariestya
Angga Ariestya;
Eriyanto, supervisor; Firman Kurniawan Sujono, examiner; Billy Sarwono, reviewer
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Situasi banjir informasi pada era media baru, khususnya media online, padasaat ini menyebabkan persaingan bisnis yang membuat para pemilik situs beritaonline ramai-ramai mengejar traffic. Dalam kondisi demikian, pola audiens dalammengonsumsi media baru telah bergeser dengan adanya unsur selektivitas daninteraktivitas. Hal ini menjadikan banyaknya kemunculan berita-berita denganbingkai beragam cara yang ditujukan untuk menarik perhatian audiens. Adakonsekuensi negatif yang harus ditanggung yakni rancunya kebenaran ataupunakurasi suatu berita karena kaidah-kaidah jurnalistik yang seringkali terabaikan.Hilangnya gatekeeper dalam penyampaian berita dalam media baru khususnya mediaonline menjadi musuh terbesar dalam akurasi berita dan mengubah konsepkomunikasi massaKarakteristik media online yang begitu cepat menyajikan berita dalamberaneka raga bingkai diprediksi memiliki dampak bagi individu. Ada satu konsepdalam multidisiplin ilmu komunikasi dan psikologi terkait dengan efek bingkai bagiindividu, yakni heuristik. Penilaian heuristik adalah penilaian yang fast dan frugalyaitu berlangsung secara otomatis dan cepat dalam menilai suatu bingkai berita.Penelitian ini akan melihat apakah bingkai berita-berita online memiliki dampak bagiindividu, khususnya penilaian heuristik mereka, atau tidak. Metode penelitian yangdigunakan dalam menjawab pertanyaan penelitian adalah dengan menggunakanmetode kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikankontribusi bagi penelitian tentang efek media. ABSTRACT Flood of information in the new media era, especially online media, at themoment led to business competition among the industry chasing the traffic. In suchconditions, the pattern of the audience consumpting new media has shifted to theelement of selectivity and interactivity. This makes the number of news frame indiversed ways intended to attract the audience. There are negative consequences tobe borned by the ambiguous truth or accuracy of any news because of the rules ofjournalism that are often overlooked. The loss of gatekeeper in delivering the newsin the new media become the biggest enemy of the accuracy and change the conceptof mass communicationThe characteristic of online media quickly presenting the news in a variety ofbody frame is predicted to have an impact for the individual. There is a concept inmultidisciplinary communication science and psychology associated with the effectof the frame for the individual, which is a heuristic. Heuristic judgement is a fast andfrugal assessment which takes place automatically and quickly assess from the newsframe. This study will look at whether the frame of online news has implications forindividual, in particular assessment of their heuristics, or not. The method used toanswer the research questions is quantitative methods experiment. The results of thisstudy are expected to contribute to research on the media effects |
![]()
|
No. Panggil : | T45848 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online source |
Deskripsi Fisik : | xvii, 184 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T45848 | 15-17-335984769 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432564 |