Program pelatihan guru TK untuk mencegah bullying = Bullying preventive program for preschool teachers
Titis Alit Triyani;
Lucia R.M. Royanto, supervisor; Mita Aswanti Tjakrawiralaksana, supervisor; Ratna Djuwita Hatma, supervisor; Patricia Adam, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Fenomena bullying di sekolah adalah salah satu yang kerap dihadapi oleh anak.Maka dari itu, program pelatihan guru TK untuk mencegah bullying pentingdilakukan karena guru merupakan orang dewasa yang paling dekat dengan anak disekolah dan perilaku bullying terjadi di sekolah maka guru lah yang perludiintervensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitasprogram pelatihan guru TK untuk meningkatkan pengetahuan tentang bullyingsebagai upaya mencegah bullying pada anak usia 4-6 tahun di sekolah. Pelatihandilakukan selama 3 hari dengan durasi 180 menit setiap harinya. Penelitian inimenggunakan desain before-and-after (one group before and after design) denganguru sebagai partisipan. Alat ukur yang digunakan berupa lembar checlist bullyingdan lembar kuesioner terbuka yang diberikan saat pre-test dan post-test. Pelatihanini menggunakan beberapa metode, yaitu diskusi, role plays, ceramah, permainan(games), demonstrasi. Dari hasil uji statistik dengan menggunakan wilcoxon testmenunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan guru TK sebagai upayauntuk mencegah bullying (Z= -2,850, p=0,004<0,05) ABSTRACT The phenomenon of bullying in schools is one of things that is often faced bychildren. Therefore, the kindergarten teacher training program to prevent bullyingis important because teachers are the adults closest to the child at school andbullying happens at school, the teachers who need intervention. The purpose ofthis study was to determine the effectiveness of kindergarten teacher trainingprogram to improve their knowledge about bullying as an effort to preventbullying in children aged 4-6 years in school. The training was conducted for 3days with a duration of 180 minutes each day. This study uses a design beforeand-after (one group before and after design) with teachers as participants.Measuring instruments used in the form of bullying checklist sheets and sheets ofan open questionnaire given at the pre-test and post-test. The training uses severalmethods, namely discussions, role plays, lectures, games, demonstration. Fromthe statistical test by using the Wilcoxon test showed that there is an increasedknowledge of kindergarten teachers in an effort to prevent bullying (Z= -2,850,p=0,004<0,05). |
T45761-Titis Alit Triyani.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T45761 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 199 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T45761 | 15-17-935330508 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432607 |