ABSTRAK Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 dilaporkan sebanyak 88,1juta, 75 juta diantaranya adalah pengguna smart-phone. Adanya fitur aplikasimemudahkan masyarakat dalam mengakses informasi serta pemenuhan kebutuhansehari-hari. Perkembangan yang sangat pesat dibidang teknologi informasi tentusaja berdampak terhadap dunia kesehatan, Telemedis merupakan metode barudalam pelayanan kesehatan. Telemedis adalah penggunaan teknologi informasidan komunikasi yang digabungkan dengan kepakaran medis untuk memberikanlayanan kesehatan, mulai dari konsultasi, diagnosa sementara dan perencanaantindakan medis, tanpa terbatas ruang atau dilaksanakan dari jarak jauh, sistem inimembutuhkan teknologi komunikasi yang memungkinkan transfer data berupavideo, suara, dan gambar secara interaktif yang dilakukan secara real time.Telemedis sangat bermanfaat bagi masyarakat, diantaranya selain dapat langsungberkonsultasi secara online juga menghemat waktu, efisiensi biaya transportasidan operasional. Manfaat telemedis sangat dirasakan bagi masyarakat yangtinggal di daerah terpencil yang jauh dari fasilitas kesehatan. Telemedis jugabermanfaat dakam mengurangi angka rujukan maupun penanganan langsung olehdokter spesialis, sehingga penanganan pertama bisa dilakukan oleh dokter umumsebagai gate-keeper pelayanan kesehatan. Namun ada permasalahan hukum daritelemedis ini, yakni belum adanya regulasi permenkes yang mengatur pelayananserta standarisasi pelaksanaannya. Informed consent, kerahasiaan data pasien, danrekam medis menjadi hal yang sangat serius diperhatikan dalam pelayananTelemedis sesuai acuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Denganadanya telemedis, harapannya mutu pelayanan kesehatan lebih baik dikarenakantelemedis bukanlah upaya kuratif yang menegakkan diagnosa maupun sebagaiupaya pemberian resep (tele-prescription) namun Telemedis memperkuat upayakonsultasi, edukatif, promotif dan preventif kesehatan seseorang, sehinggaseseorang akan mendapatkan umpan balik self-care dan follow up-care ABSTRACT Internet users in Indonesia in 2014 was reported as 88.1 million, 75 million ofthem are smart-phone users. Their application feature allows people to accessinformation and the fulfillment of their daily needs. The rapid development ofinformation technology in the field of course affect the health of the world,Telemedicine method is new in health care. Telemedicine is the use ofinformation and communication technologies combined with the expertise ofmedical staff to provide health services, start from consultation, suspect diagnosisand how to planning of medical action, without being confined space orconducted remotely, the system requires a communication technology that enablesthe transfer of data such as video, voice and images interactively performed in realtime. Telemedicine may have beneficial for the community, including in additionto directly online consultation and also saves much time, transportation costs arecheaper and the operational being more efficiency. Telemedicine have manybenefits, such as for the people who live at remote areas which so far from healthfacilities. Telemedicine is also very useful in reducing the number of referenceand handling of directly by specialist doctors, so the first treatment can beperformed by a general practitioner as the gate-keeper of health services.However, there are legal issues of this telemedicine, that telemedicine does nothave any regulations and standardized implementation services. Informed consent,confidentiality of patient data and medical records into a very serious thing to beconsidered in accordance reference Telemedicine service regulations andlegislation in force. With the telemedicine, hopefully more better quality of healthcare, because it is not curative that can give the absolutely diagnosis and attemptprescribing (tele-prescription). But Telemedicine can be strengthen the efforts ofconsultation, education for patients, promotive and preventive health, that personwill get feedback like self- care and follow-up care; |