Pengaruh komunikasi terapeutik terhadap kecemasan anak prasekolah saat akan dilakukan tindakan invasif = The effect of therapeutic communication on pre school children's anxiety concerning invasive procedures
Diah Argarini;
Nur Agustini, supervisor; Allenidekania, supervisor; Nani Nurhaeni, examiner; Dessie Wanda, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Salah satu penyebab kecemasan anak saat menjalani hospitalisasi adalah adanyatindakan invasif yang menjadi rutinitas yang harus dijalani anak saat berada dirumah sakit. Kecemasan anak yang berlebihan saat dilakukan tindakan invasifdapat mengganggu proses perawatan anak dan memperpanjang masa rawat dirumah sakit. Komunikasi terapeutik merupakan salah satu bagian penting dariintervensi keperawatan yang mendukung prinsip atraumatik care dalam asuhankeperawatan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhkomunikasi terapetik terhadap kecemasan pada anak prasekolah saat akandilakukan tindakan invasif. Desain penelitian menggunakan quasi experimentalpost test non equivalent with control group. Jumlah sampel sebanyak 38 anakprasekolah dengan teknik consecutive sampling. Analisis data menggunakanindependent t test. Hasil penelitian menemukan adanya perbedaan yang bermaknakecemasan anak prasekolah saat akan dilakukan tindakan invasif (p=0,041) antarakelompok kontrol dan kelompok intervensi. Rekomendasi penelitian ini adalahdengan menerapkan komunikasi terapeutik pada perawatan anak di rumah sakit ABSTRACT One cause of the child's anxiety undergoing hospitalization is the invasiveprocedure that became a routine activities during hospitalization. Excessiveanxiety experienced by the children can be disrupt the process of child care andextended hospital stay. Therapeutic Communication is one important part ofnursing interventions that support the principles of atraumatic care in nursingcare of children. The purpose of this study is to determine the effect of therapeuticcommunication on anxiety in preschool children before the invasive proceduretaken. This study uses the quasi-experimental research non equivalent post testwith control group design. The sample number consist of 38 preschoolers withconsecutive sampling technique. Data analysis using independent t test. Thesignificant differences on preschooler anxiety when therapeutic communicationwas applied before the invasive procedure in the intervention group (p=0.041).Recommendations of this study is that nurses should be apply the therapeuticcommunication for providing care to hospitalized children |
T45824-Diah Argarini.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T45824 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online source |
Deskripsi Fisik : | xv, 106 hlm. : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T45824 | 15-17-415156917 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432864 |