Konsumerisme buruh: studi tentang perilaku konsumtif buruh terhadap barang produksi industri fesyen tempat buruh bekerja = Labour consumerism the study of labour s consumer behaviour toward goods production of fashion industry where they work / Estu Putri Wilujeng
Estu Putri Wilujeng, supervisor;
Raphaella Dewantari Dwianto, supervisor; Seda, Francisia Saveria Sika Ery, examiner; Lugina Setyawati Setiono, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Tesis ini bertujuan untuk memahami cara yang dilakukan oleh buruh untukmewujudkan imaji serta hasrat dalam berperilaku konsumtif. Perilaku konsumtifmerupakan perilaku mengonsumsi simbol kebendaan atas dorongan hasrat untukmencapai imaji.Penulis berargumen, buruh sebagai bagian dari masyarakat konsumen jugamemiliki imaji, hasrat dan fantasi dalam mengonsumsi. Konsumsi yang merekalakukan bukan lagi konsumsi atas dasar nilai guna barang atau pertimbanganrasional lainnya, melainkan konsumsi simbolik. Hal tersebut disebabkan olehadanya dorongan dari media dan godaan dari komoditas industri fesyen yangdihasilkan pada tempat mereka bekerja. Dorongan media dan godaan tersebutmempengaruhi imaji buruh dalam menentukan barang konsumsi. Namun, denganadanya imaji, bukan berarti buruh dapat langsung berperilaku konsumtif,melainkan perlu cara lain untuk mendapatkan akses dalam mewujudkan imaji.Untuk menggali permasalahan tersebut secara lebih dalam, penulismenggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwaburuh memiliki imaji untuk mengonsumsi simbol kebendaan yang dipicu olehmedia dan godaan produk fesyen tempat ia bekerja. Untuk mewujudkannya,mereka menggunakan kombinasi industri dan serikat. Industri memberi aksesberupa produk fesyen dan serikat berfungsi untuk melakukan kontrol agar pihakindustri tetap memberikan akses kepada buruh. Tesis ini juga menyertakan diskusiteoritik tentang perbedaan perspektif dalam memahami permasalahankonsumerisme yang terjadi pada buruh ABSTRACT This thesis aims to understand how the labours consume products orservices to make their dreams and desires come true. In the age of consumerism,everybody consumes symbols based on their desire to achieve theirimagination.The author argues that the labours as part of consumer society, alsohave images, desires, and fantasies to consume. Consumption that they is notbased on the value of goods or other rational judgment, instead symbolicconsumption. It was caused by the encouragement of the media and the seductionof commodities that was produced in the fashion industry where they work. Mediaencouragement and the seduction from the production of goods affect the labourimagination in determining consumer goods. However, by having the imagination,it does not mean labours could immediately being consumptive, but they needanother way to get access in realizing their imagination.To explore these issues deeply, the author used qualitative researchmethods. The results showed that labours have imaginations and desires toconsume symbols of consumer goods triggered by the media, namely TV seriesand social media, and the seduction of fashion products in where they worked. Tomake their imaginations and desires come true, they combined industry andunions. Industry gives access in the form of fashion products and labour unionsplay a control role in the industry. Consequently, the industry still provides accessto the labours. This thesis also includes a theoretical discussion about differentperspectives in understanding the problems that occur in the laboursconsumerism |
![]()
|
No. Panggil : | T46778 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | 167 |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T46778 | 15-17-593009849 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432882 |