ABSTRAK Material tube yang dioperasikan pada temperatur tinggi, cepat atau lambat akanmengalami suatu kerusakan akibat pengaruh temperatur yang dikombinasikandengan lingkungan korosif, tekanan & tegangan, baik statis maupun dinamis.Tube boiler yang mengalami indikasi kegagalan yaitu tube dengan materialSA213 TP304H dengan unsur dominan paduan adalah Cr dan Ni. Material denganspesifikasi tersebut merupakan material stainless steel yang seharusnya tahanterhadap korosi, sehingga dianggap perlu dilakukan pengujian dan penelitian gunamenjawab kecurigaan adanya indikasi kegagalan. Metodologi analisa danidentifikasi yang dilakukan adalah dengan uji merusak yaitu uji spectrometer,metalografi dan 3D metalografi, SEM dan EDX, kekerasan, serta creep rupturedengan parameter Larson Miller. Hasil penelitian menunjukan bahwa tube telahmengalami korosi oksidasi yang cukup parah dan telah terjadi penjalaranintergranular crack pada material, sehingga ketebalan tube yang tersisa hanya 65% dari ketebalan total. Unsur dominan pembentuk oksida dan karbida padamaterial yaitu oksida Fe (FeO, Fe2O3, dan Fe3O4) dan karbida (Fe, Cr, Ni,Mn)23C6 atau M23C6. Long-term creep strengh berkurang drastis pada temperatur650 0C dengan persamaan LMP material adalah 17,239 = T (15 + log tr) 10-3. ABSTRACT Material tube operated at high temperatures, sooner or later will suffer damagesdue to the influence of temperature combined with a corrosive environment,pressure and tension, both static and dynamic. Indication of failure in boiler tubewas observed in material tube SA213 TP304H with the dominant element is Crand Ni alloys. Materials with these specifications classified as stainless steelmaterial that should be resistant to corrosion, so it is considered necessary to testand analize in order to answer suspicions of failure. Methodology for the analysisand identification is done by destructive test that is spectrometer test,metallographic and 3D metallography, SEM and EDX, hardness, and creeprupture with Larson Miller parameter. The results showed that the tube hasexperienced severe corrosion and oxidation and also has occurred intergranularcrack propagation in the material, so that the thickness of the tube is decreased to65% only from total thickness. The dominant element forming the oxide andcarbide materials are iron oxide (FeO, Fe2O3, and Fe3O4) and carbide (Fe, Cr, Ni,Mn)23C6 or M23C6. Long-term creep strengh is reduced drastically at temperaturesof 650 0C with LMP material equation is 17.239 = T (15 + log tr) 10-3. |