ABSTRAK Tesis ini membahas mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen yangmelakukan transaksi dengan sistem elektronik (digital insurance). Sebagai suatubentuk layanan asuransi baru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, di satu sisidigital insurance memberikan berbagai kemudahan baik bagi konsumen maupunperusahaan asuransi, namun di sisi lain menimbulkan pertanyaan mengenai jaminanakan terlindunginya hak-hak konsumen asuransi. Penelitian ini dilakukan untukmengetahui bagaimana pengaturan mengenai perlindungan hukum bagi konsumenasuransi serta bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumenasuransi yang melakukan transaksi digital insurance. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian yuridis normatif, dengan pendekatan perundang-undangan danbersifat analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun saat ini belum adaperaturan yang mengatur secara khusus tentang digital insurance, tetapi peraturanperundang-undangan yang ada saat ini sudah mencakup aspek perlindungan hukumterhadap konsumen yang melakukan transaksi digital insurance. Pelaksanaanperlindungan hukum konsumen yang melakukan transaksi digital insurance terkaitaspek transparansi produk belum sepenuhnya dilakukan, terkait penggunaan klausulabaku sudah dilakukan dengan memenuhi ketentuan peraturan perasuransian namundiperlukan peningkatan sumber daya dan pengetahuan asuransi dari petugas OJK,terkait aspek keamanan teknologi informasi telah dilakukan dengan memenuhi aspekaspekkeamanan teknologi namun tetap perlu adanya upaya dari konsumen untukmelindungi dirinya sendiri, kemudian terkait aspek pembuktian telah dilakukandengan memenuhi kewajiban untuk menyampaikan ikhtisar polis secara hardcopy,sedangkan aspek upaya penyelesaian sengketa dilakukan dengan adanya berbagaipilihan media penyelesaian yaitu melalui pengadilan maupun luar pengadilan.Terciptanya perlindungan hukum terhadap konsumen yang melakukan transaksidigital insurance memerlukan keterlibatan berbagai pihak baik konsumen, perusahaanasuransi, OJK, pemerintah, lembaga penyelesaian sengketa, dan pihak-pihak terkaitlainnya ABSTRACT This thesis discusses the legal protection for customers who conducting insurancetransactions using electronic system (digital insurance). As a new form of insuranceservices utilizing technology advances, digital insurance provide various easiness forboth consumers and insurance companies, but on the other hand raises the questionabout the protection guarantee for the insurance costumers' right. This study wasconducted to determine how the arrangements of legal protection for insurancecustomers and how the implementation of legal protection for insurance customerswho conducting digital insurance transactions. This thesis research using normativejuridical research methods, the approach to legislation and analytical nature. Theresults showed that although there is no specific regulations for digital insurance, butthe existing laws already covered legal protection?s aspect for customers whoconducting digital insurance?s transactions. Implementation of legal protection forcustomers conducting digital insurance transactions related to the transparency ofinsurance products has not been fully carried out, related the use of standard clauseshas been done in compliance with the insurance provisions but need to increase theresources and insurance knowledge of the FSA officers, then related to the securityaspect of information technology has been done in compliance with the technologysecurity aspects, but remain need customer?s effort to protect themselves, verificationaspect done by fulfilling the obligation to deliver the policy schedule in hardcopy,while for the settlement of dispute carried out by various options of dispute settlementi.e. through the court or out of court. The legal protection for customer whoconducting digital insurance transactions require the involvement of many partiesincluding customers, insurance company, FSA, government, dispute resolutioninstitutions, and other relevant parties. |