Peningkatan tingkah laku membuang sampah yang benar dengan menggunakan metode appreciative inquiry pada murid SMPN 05 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi = The improving behavior ot correct littering using the method of appreciative inquiry in student of SMPN 05 South Tambun Bekasi Regency
Kusyandi Aditya;
Istiqomah Wibowo, supervisor; Sri Fatmawati Mashoedi, supervisor; Dian Wisnuwardhani, examiner; Bagus Takwin, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Tujuan program intervensi ini adalah meningkatkan perilaku membuangsampah yang benar pada murid SMPN 05 Tambun Selatan dalam rangka menjagakebersihan lingkungan sekolah. Social Norms Theory merupakan teori yangdigunakan oleh peneliti. Hasil baseline study menunjukkan variabel normainjungtif yang paling signifikan mempengaruhi perilaku membuang sampah padamurid SMPN 05 Tambun Selatan (B =0,024,p<0.05). Intervensi yang dilakukanmelalui workshop dengan menggunakan metode pendekatan appreciative inquiry.Partisipan dalam intervensi ini adalah murid SMPN 05 Tambun Selatan, sejumlah11 orang partisipan yang dilakukan selama 2 (dua) hari selama + perhari dilokasiSMPN 05 Tambun Selatan. Pengukuran dampak intervensi dilakukan dengan ujipre-test dan post-test dengan Uji Wilcoxon Signed-Rank Test merupakan salahsatu jenis tes non-parametrik, menunjukkan adanya perubahan perilaku (nilai0.004, p<0.05), membuktikan bahwa program intervensi peningkatan perilakumembuangsampah yang benar pada tempatnya melalu iappreciative inquirymemberikan dampak yang signifikan terhadap meningkatnya perilaku membuangsampah yang benar pada tempatnya diterima ABSTRACT The purpose of the intervention program is improving the good behavior of PublicJunior High School 05 South Tambun to littering the rubbish into the dustbin inorder to maintain the cleanliness of the school environment. The theory that isused by the researcher is Social Norms Theory. The results of the baseline studyshowed that The injunctive variable is the most significant norms which influencethe students behavior of Public Junior High School 05 South Tambun to litteringthe rubbish (B = 0.024, p <0.05). The interventions were performed usingworkshops by Appreciative Inquiry approach. The Participants role in thisintervention are the male and female students of Public Junior High School 05South Tambun, however, there are 11 participants of Public Junior High School05 South Tambun per day who were participate over two (2) days. Formeasuring the impact of interventions conducted by pre and post-test usingWilcoxon Signed-Rank Test , it is one type of test non-parametric that indicate thechanges of behavior (value 0.004, p <0.05), it proved that the interventionprogram improved the behavior of littering rubbish into the dustbin throughAppreciative inquiry provides a significant impact on increasing behavioral tolittering rubbish. |
T46408-Kusyandi Aditya.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T46408 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; Computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 134 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T46408 | 15-17-602775728 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432992 |