Program pendekatan proyek kelompok untuk meningkatkan perilaku kerja sama pada anak usia 5-6 tahun = Group project approach program as intervention to increase cooperative behavior among 5-6 years old children
Rizki Amelia Syafarina;
Hatma Sapar Shinto Sukirna, supervisor; Luh Surini Yulia Savitri, supervisor; Puji Lestari Suharso, examiner; Surastuti Hadiwinoto Nurdadi, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas intervensi dengan pendekatanproyek kelompok untuk meningkatkan perilaku kerjasama pada anak usia 5-6tahun. Dilakukan pengukuran berulang pada kelompok intervensi ( 8 murid TK)dan kelompok kontrol (8 murid TK). Pada kelompok intervensi (KI) diberikanprogram pendekatan proyek kelompok untuk meningkatkan perilaku kerjasama,sedangkan kelompok kontrol (KK) mengikuti kegiatan TK seperti biasanya.Peneliti merancang program intervensi dengan pendekatan proyek. Perilakukerjasama diukur melalui observasi dengan menghitung frekuensi tingkah lakuyang terdapat pada senarai perilaku kerja sama yang disusun oleh peneliti. Alatukur perilaku kerja sama berupa senarai terdiri atas 15 item perilaku kerjasamadengan reliabilitas yang tinggi (Kappa Cohen = 0.73). Efektivitas intervensi akanditunjukkan oleh perbedaan skor rata-rata frekuensi perilaku kerja sama antara KIdan KK. Selain itu perbedaan frekuensi perilaku kerja sama antar setiappengukuran ( pada KI ) juga akan memperkuat gambaran mengenai efektivitasintervensi. Sebelum intervensi tidak terdapat perbedaan frekuensi perilakukerjasama antara KI dan KK. Pada pengukuran ketiga (setelah 7 sesi intervensi)terdapat peningkatan perilaku kerja sama pada KI, peningkatan terus terjadi padapengukuran keempat. Kelompok kontrol tidak menunjukkan perbedaan frekuensiperilaku kerja sama pada pengukuran 1 dan terakhir ABSTRACT This research aimed at exploring the effectiveness of an intervention using projectapproach in increasing cooperative behavior among preschoolers. Repeatedmeasurement were conducted to monitor changes in cooperative behavior inintervention-group (IG: 8 preschoolers were given intervention) and control-group(CG: 8 preschoolers were given usual kindergarten activities). An interventionprogram to increase cooperative behavior using project approach was designed bythe researcher. A checklist of 15 items of cooperative behavior was used to countthe frequency of cooperative behavior conducted by the participants in eachgroup. The researcher devised the checklist and in the current research has highreliability (Kappa Cohen = 0.73). The effectiveness of the program was indicatedby the existence of a significance difference between scores attained by IG andCG. Comparison between scores of each measurement showed increasingfrequency of cooperative behavior among children in IG, whereas CG showed nosignificant changes. IG showed increased frequency of cooperative behavior after7 sessions of intervention and keep increasing at the last measurement. CG didnot show significant changes of cooperative behavior |
T46555-Rizki Amelia Syafarina.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T46555 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online source |
Deskripsi Fisik : | xv, 104 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T46555 | 15-17-954401648 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20433138 |