ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat pengembalian investasi pendidikantinggi dan melihat perkembangannya selama 2000-2014, menggunakan dataSakerti tahun 2000, 2007, 2014 dan metode two step Heckman. Hasilmenunjukkan individu berpendidikan S1/S2/S3 mendapatkan penghasilan lebihbesar daripada pendidikan Diploma. Selama periode 2000-2014, penghasilanpendidikan tinggi semakin meningkat namun tingkat pengembalian investasipendidikan untuk Diploma lebih besar daripada S1/S2/S3. Namun demikian,dalam perkembangannya, seiring dengan bertambahnya pengalaman kerjapendidikan S1/S2/S3 mendapatkan tingkat pengembalian investasi pendidikanyang lebih tinggi dibandingkan Diploma. Hal ini mengindikasikan adanyaketidaksesuaian pekerjaan pada individu berpendidikan Diploma maupunS1/S2/S3. Oleh karenanya penting untuk meningkatkan mutu lulusan pendidikantinggi. ABSTRACT This study aimed to analyze return on investment of higher education and itsdevelopment during 2000-2014, using IFLS data 2000, 2007, 2014 and two-stepHeckman method. Results show individuals educated S1/S2/S3 earn more thandiploma. During the 2000-2014 period, the earning of higher education isincreasing but the rate of return on investments in education to Diploma greaterthan S1/S2/S3. However in its development, with increasing work experience,S1/S2/S3 is getting higher rate of return to education compared to Diploma. Thisindicates occupational mismatch among diploma and S1/S2/S3. Therefore it isimportant to improve the quality of graduates and postgraduates |