Full Description
Cataloguing Source | LibUI ind rda |
Content Type | text (rdacontent) |
Media Type | unmediated (rdacontent); Computer (rdadontent) |
Carrier Type | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
Physical Description | xiv, 112 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Concise Text | |
Holding Institution | Universitas Indonesia |
Location | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Availability
- Digital Files: 1
- Review
- Cover
- Abstract
Call Number | Barcode Number | Availability |
---|---|---|
T46415 | 15-17-149340185 | TERSEDIA |
No review available for this collection: 20433196 |
Abstract
ABSTRAK
Pada umumnya penelitian tentang komitmen organisasi dilakukan pada organisasi bisnis dan masih sedikit yang dilakukan pada organisasi pendidikan tinggi. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi komitmen organisasi pada dosen yang bekerja di organisasi pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang terdiri dari Organizational Commitment Scale (Seniati & Yulianto, 2010), Work-Life Balance Scale (Fisher, Bulger & Smith, 2009), serta Professional Commitment Scale (Meyer & Allen, 1997). Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 328 orang yang berasal dari perguruan tinggi di Jakarta, Tangerang, Padang, Denpasar dan Jimbaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseimbangan kehidupan kerja dapat memengaruhi komitmen profesi (β = 0,40; p<0,05), komitmen organisasi dipengaruhi oleh komitmen profesi (β = 0,69; p<0,05) dan keseimbangan kehidupan kerja secara langsung dapat memengaruhi komitmen organisasi (β = 0,50; p<0,05). Selain itu, terdapat peran parsial dari komitmen profesi sebagai mediator antara hubungan keseimbangan kehidupan kerja dan komitmen organisasi (β = 0,22; p<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh komitmen profesi sebagai mediasi antara pengaruh keseimbangan pekerjaan-kehidupan terhadap komitmen organisasi
ABSTRACT
Generally, researches around organizational commitment are conducted on business-related organizations or companies, while there are still a handful of researches conducted on higher education institutions despite the importance of it. This research aimed to determine the role of professional commitment as a mediator between work-life balance and organizational commitment among lecturer in higher-education institutions. The research used Organizational Commitment Scale (Seniati & Yulianto, 2010), Work-Life Balance Scale (Fisher, Bulger & Smith, 2009) and Professional Commitment Scale (Meyer & Allen, 1997). There were 328 respondents participating in this research from various higher education institutions from Jakarta, Tangerang, Padang, Denpasar and Jimbaran. The result showed that work-life balance affected professional commitment (β = 0,40; p<0,05), organizational commitment influenced by professional commitment (β = 0,69; p<0,05) and work-life balance directly affected organizational commitment (β= 0,50; p<0,05). It showed that there was a partial role of professional commitment as a mediator between work-life balance and organizational commitment (β= 0,22; p<0,05) therefore to increase professional commitment and organizational commitments among lecturers, work life balance were necessary
Pada umumnya penelitian tentang komitmen organisasi dilakukan pada organisasi bisnis dan masih sedikit yang dilakukan pada organisasi pendidikan tinggi. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi komitmen organisasi pada dosen yang bekerja di organisasi pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang terdiri dari Organizational Commitment Scale (Seniati & Yulianto, 2010), Work-Life Balance Scale (Fisher, Bulger & Smith, 2009), serta Professional Commitment Scale (Meyer & Allen, 1997). Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 328 orang yang berasal dari perguruan tinggi di Jakarta, Tangerang, Padang, Denpasar dan Jimbaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseimbangan kehidupan kerja dapat memengaruhi komitmen profesi (β = 0,40; p<0,05), komitmen organisasi dipengaruhi oleh komitmen profesi (β = 0,69; p<0,05) dan keseimbangan kehidupan kerja secara langsung dapat memengaruhi komitmen organisasi (β = 0,50; p<0,05). Selain itu, terdapat peran parsial dari komitmen profesi sebagai mediator antara hubungan keseimbangan kehidupan kerja dan komitmen organisasi (β = 0,22; p<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh komitmen profesi sebagai mediasi antara pengaruh keseimbangan pekerjaan-kehidupan terhadap komitmen organisasi
ABSTRACT
Generally, researches around organizational commitment are conducted on business-related organizations or companies, while there are still a handful of researches conducted on higher education institutions despite the importance of it. This research aimed to determine the role of professional commitment as a mediator between work-life balance and organizational commitment among lecturer in higher-education institutions. The research used Organizational Commitment Scale (Seniati & Yulianto, 2010), Work-Life Balance Scale (Fisher, Bulger & Smith, 2009) and Professional Commitment Scale (Meyer & Allen, 1997). There were 328 respondents participating in this research from various higher education institutions from Jakarta, Tangerang, Padang, Denpasar and Jimbaran. The result showed that work-life balance affected professional commitment (β = 0,40; p<0,05), organizational commitment influenced by professional commitment (β = 0,69; p<0,05) and work-life balance directly affected organizational commitment (β= 0,50; p<0,05). It showed that there was a partial role of professional commitment as a mediator between work-life balance and organizational commitment (β= 0,22; p<0,05) therefore to increase professional commitment and organizational commitments among lecturers, work life balance were necessary