Penerapan program stepping stones triple-p pada orangtua dengan anak praremaja mild intellectual disability yang memiliki masalah temper tantrum = The application of stepping stones triple p on parents with mild intellectual disability pre teenager who has temper tantrum / Lamtiur Gracesita Manalu
Manalu, Lamtiur Gracesita;
Surastuti Hadiwinoto Nurdadi, supervisor; Mita Aswanti Tjakrawiralaksana, supervisor; Sri Redatin Retno Pudjiati, examiner; Mayke Sugianto Tedjasaputra, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penerapan intervensiStepping Stones Triple-P pada satu keluarga yang memiliki anak praremaja usia 11 tahun dengan Mild Intellectual Disability yang memiliki masalah perilakutemper tantrum. Program intervensi ini bertujuan untuk membantu orangtuamelalui peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan diri orangtua dalam melakukan pengasuhan yang positif untuk mengelola permasalahan perilaku anak dengan mild intellectual disability. Program intervensi dilaksanakan sebanyak 7 sesi (3 sesi di klinik dan 4 sesi praktikum di rumah). Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan roleplay. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain Child Behavior Checklist, Parenting Scale (dari Arnold,O Leary, Wolff, dan Acker, 1999), Parenting Sense of Competence (dari Gibaud-Wallston dan Wandersman, 1978), serta Catatan Pengukuran Temper Tantrum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program intervensi Stepping Stones Triple-P terbukti efektif dalam menurunkan frekuensi dan durasi perilaku temper tantrum O, menurunkan disfungsi gaya pengasuhan orangtua dan meningkatkan pandangan kompetensi orangtua dalam praktik pengasuhan ABSTRACT The study was conducted to determine the effectiveness of Stepping StonesTriple-P intervention on a family who has a 11 year-old child with Mild Intellectual Disability and temper tantrums. This program aims to help parentdevelop effective management strategies for dealing with a variety of behavioral problems of child with developmental disabilities and issues related to the development. This program implemented in 7 sessions (3 sessions at the clinic and 3 practice sessions at home). The results demonstrated significant improvement in parental reports of child behavior, parenting styles, and parents sense of competence |
T46707-Lamtiur Gracesita Manalu.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T46707 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 102 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T46707 | 15-18-251546881 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20433362 |