Efektivitas pendekatan appreciative inquiry (AI) dalam pembentukan perilaku menyikat gigi pada anak usia sekolah dasar (kajian pada murid 7-8 tahun Madrasah Ibtidaiyah di Kota Madiun) = Effectiveness of appreciative inquiry ai approach for tooth brushing habit formation in primary school age (studies in children age 7-8 years old Madrasah Ibtidaiyah at Madiun City) / Lisa Prihastari
Lisa Prihastari;
Zaura Kiswarina Anggraeni, supervisor; Anton Rahardjo, supervisor; Peter Andreas, examiner; Iwany Amalliah, examiner; Taufan Bramantoro, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Latarbelakang: Diperlukan program intervensi perubahan perilaku menyikat gigiyang berefek jangka panjang. Tujuan: membandingkan efektivitas metodeappreciative inquiry (AI) dengan dental health education (DHE) konvensionalterhadap pembentukan otomatisasi habit menyikat gigi. Metode: intervensikomunitas dilakukan dengan rancangan acak pada 164 anak usia 7-8 tahun di kota Madiun. Pengumpulan data dengan wawancara kuesioner dan pemeriksaan intra oral. Hasil: Proporsi anak yang mengalami otomatisasi pada kelompok AI lebih besar (63,8%) dibandingkan dengan kelompok DHE (22,1%) dan berbeda secara signifikan (P = 0.000; OR= 11.9, 95% CI = 4.794-29.497) Kesimpulan: metode appreciative inquiry lebih efektif dalam mengubah perilaku menyikat gigi dibandingkan DHE konvensional. ABSTRACT Background: Intervention program to achieve toothbrushing behavioural change with long-term effect still rarely implemented. Objective: to compare the effectiveness of appreciative inquiry (AI) againts conventional health education approach for forming automaticity toothbrushing habit. Methods: Randomized-Community Trial on 164 children age 7-8 years in Madiun City, data collection by interview and intraoral examination. Results: automaticity proportion was significantly higher in the AI group (63,8%) as compared to conventional group (22,1%) (P = 0.000; OR= 11.9, 95% CI = 4.794-29.497). Conclusion: appreciative inquiry was more effective than conventional health education approach for toothbrushing behavior change |
T-Lisa Prihastari.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xx, 214 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-18-711989720 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20433613 |