Deskripsi Lengkap
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text (rdacontent) |
Tipe Media : | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
Tipe Carrier : | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
Deskripsi Fisik : | xvii, 113 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T45620 | 15-18-298323357 | TERSEDIA |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20433766 |
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertjuan untuk menganalisis efisiensi relatif unit pendidikan di lingkungan pusdiklat industri kementerian perindustrian dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Obyek penelitian ini sebanyak 16 Unit Pendidikan dalam periode 2012 ? 2014. Variabel input yang digunakan yaitu rasio tenaga pendidik per peserta didik, jumlah kelas, dan anggaran. Sedangkan variabel outputnya yaitu prosentase serapan lulusan dan jumlah kontrak kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode 2012 ? 2014 terdapat 6 (enam) Unit Pendidikan yang konsisten efisien pada periode 3 tahun tersebut. Sedangkan Unit Pendidikan yang konsisten In-Efisien terdapat 5 (lima) unit pendidikan. Penyebab inefisiensi yang terjadi pada Unit Pendidikan di lingkungan Pusdiklat Industri yang paling bertanggungjawab berurut-urut adalah variabel rasio tenaga pendidik per peserta didik kemudian variabel anggaran dan yang terakhir yaitu variabel jumlah kelas.
ABSTRACT
This study aimed to analyze the relative efficiency of Educational Institution in Center of Industrial Education and Training Ministry of Industry by using Envelopment Analysis (DEA) method. The object of this study were 16 Educational Institution in the period of 2012 ? 2014. The input variables used are ratio of teacher with students , number of classes , and budget. The output variables is the the number of graduates are absorbed by the industry and number of contracts with the company. The results showed that during the period 2012 - 2014 there were only 6 Educational Institution are consistent efficiently. And there were 5 Educational Institution that consistent In-efficient. The main cause of inefficiency that occur in that educational institution is the ratio of teacher with students, establishment of a budget ceiling that is too large and the number of classes.
Penelitian ini bertjuan untuk menganalisis efisiensi relatif unit pendidikan di lingkungan pusdiklat industri kementerian perindustrian dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Obyek penelitian ini sebanyak 16 Unit Pendidikan dalam periode 2012 ? 2014. Variabel input yang digunakan yaitu rasio tenaga pendidik per peserta didik, jumlah kelas, dan anggaran. Sedangkan variabel outputnya yaitu prosentase serapan lulusan dan jumlah kontrak kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode 2012 ? 2014 terdapat 6 (enam) Unit Pendidikan yang konsisten efisien pada periode 3 tahun tersebut. Sedangkan Unit Pendidikan yang konsisten In-Efisien terdapat 5 (lima) unit pendidikan. Penyebab inefisiensi yang terjadi pada Unit Pendidikan di lingkungan Pusdiklat Industri yang paling bertanggungjawab berurut-urut adalah variabel rasio tenaga pendidik per peserta didik kemudian variabel anggaran dan yang terakhir yaitu variabel jumlah kelas.
ABSTRACT
This study aimed to analyze the relative efficiency of Educational Institution in Center of Industrial Education and Training Ministry of Industry by using Envelopment Analysis (DEA) method. The object of this study were 16 Educational Institution in the period of 2012 ? 2014. The input variables used are ratio of teacher with students , number of classes , and budget. The output variables is the the number of graduates are absorbed by the industry and number of contracts with the company. The results showed that during the period 2012 - 2014 there were only 6 Educational Institution are consistent efficiently. And there were 5 Educational Institution that consistent In-efficient. The main cause of inefficiency that occur in that educational institution is the ratio of teacher with students, establishment of a budget ceiling that is too large and the number of classes.