Analisis efisiensi relatif unit pendidikan di lingkungan pusdiklat industri Kementerian Perindustrian (periode 2012-2014) = Analysis relative eficiency of educational institution in center of industrial education and training ministry of industry (period 2012-2014) / Gya Madyaratri
Gya Madyaratri;
Uka Wikarya, supervisor; Ringoringo, Halomoan Achmadi, examiner; Ninasapti Triaswati, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertjuan untuk menganalisis efisiensi relatif unit pendidikan dilingkungan pusdiklat industri kementerian perindustrian dengan menggunakanmetode Data Envelopment Analysis (DEA). Obyek penelitian ini sebanyak 16Unit Pendidikan dalam periode 2012 ? 2014. Variabel input yang digunakan yaiturasio tenaga pendidik per peserta didik, jumlah kelas, dan anggaran. Sedangkanvariabel outputnya yaitu prosentase serapan lulusan dan jumlah kontrakkerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode 2012 ? 2014terdapat 6 (enam) Unit Pendidikan yang konsisten efisien pada periode 3 tahuntersebut. Sedangkan Unit Pendidikan yang konsisten In-Efisien terdapat 5 (lima)unit pendidikan. Penyebab inefisiensi yang terjadi pada Unit Pendidikan dilingkungan Pusdiklat Industri yang paling bertanggungjawab berurut-urut adalahvariabel rasio tenaga pendidik per peserta didik kemudian variabel anggaran danyang terakhir yaitu variabel jumlah kelas. ABSTRACT This study aimed to analyze the relative efficiency of Educational Institution inCenter of Industrial Education and Training Ministry of Industry by usingEnvelopment Analysis (DEA) method. The object of this study were 16Educational Institution in the period of 2012 ? 2014. The input variables used areratio of teacher with students , number of classes , and budget. The outputvariables is the the number of graduates are absorbed by the industry and numberof contracts with the company. The results showed that during the period 2012 -2014 there were only 6 Educational Institution are consistent efficiently. Andthere were 5 Educational Institution that consistent In-efficient. The main cause ofinefficiency that occur in that educational institution is the ratio of teacher withstudents, establishment of a budget ceiling that is too large and the number ofclasses. |
T45620-Gya Madyaratri.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T45620 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvii, 113 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T45620 | 15-18-298323357 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20433766 |