ABSTRAK Micro, Small, and Medium Enterprises (SMEs) have a very big role and significantimpact to the economy of Indonesia due to its innovation and competition in manysectors. SMEs outnumber large companies by a wide margin and even able to employmore people. Hence, it is considered important to do some research with an aim todetermine current performance and analyzes factors that influence the empowermentof SMEs as well as providing strategic development programs to be applied,specifically in Jabodetabek Area. This thesis discusses the business development at oneof the SMEs located in Depok, Def Krea, which attempts to find the best possiblestrategy while running its business. Def Krea is one of the micro enterprises thatspecialized in art & craft and handmade goods. To do so, the business model of SMEsneed to be realigned in order to apply the action plan through transition/ exit strategy ABSTRACT Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran yang besar danmemberikan dampak yang cukup signifikan kepada ekonomi Indonesia melalui inovasidan kompetisi di berbagai sektor. UMKM mampu melampaui perusahaan-perusahaanbesar dengan keuntungan yang cukup besar dan bahkan mampu mempekerjakan lebihbanyak orang. Oleh karena itu, penting adanya untuk melakukan penelitian dengantujuan untuk mengetahui performa terkini dan menganalisi faktor-faktor yangmempengaruhi pemberdayaan UMKN dan menerapkan program pengembangan yangstrategis, khususnya di area Jabodetabek. Adapun tesis ini berbicara mengenaipekembangan bisnis dari salah satu UMKM di Depok, Def Krea, yang berusaha untukmencari strategi terbaik untuk diterapkan di menjalani bisnis pada saat ini. Def Kreaadalah salah satu usaha mikro yang memiliki keahlian di bidang art & craft dan jugabarang-barang buatan tangan. Pada prosesnya, bisnis model dari UMKM ini perlupenataan kembali untuk menerapkan rencana kerja yang sudah dibuat melalui transisi/trasition strategy. |