ABSTRAK Metode desain perkerasan landasan bandar udara dibagi menjadi dua, yaitu metode empiris dan metode mekanistik. Terdapat pergeseran dalam sistematika mendesain landasan, yaitu dari sistem metode empiris ke metode mekanistik, perlu dilakukan kajian mengenai pengaruh dari pergeseran tersebut terhadap desain landasan bandar udara -bandar udara di Indonesia, baik terhadap bandar udara baru maupun bandar udara yangsudah beroperasi (overlay), begitu juga pengaruh pergeseran tersebut terhadapperhitungan nilai PCN (Pavement Classification Number). Metode empiris dilakukanperhitungan berdasarkan metode FAA dengan dokumen 150/5320-6D dan metodemekanistik berdasarkan dokumen 150/5320-6E yang diaplikasikan dengan programkomputer FAARFIELD (Federal Aviation Adminstration Rigid and Flexible IterativeLayer Design), sedangkan kajian perhitungan nilai PCN dengan metode teoritis ataumetode ICAO dan dengan program komputer COMFAA berdasarkan dokumen AC150/5335-5C. Kajian banding terhadap parameter desain yaitu tebal perkerasan dan biaya,analisis sensitivitas dan perhitungan PCN yang menghasilkan kriteria, pelayanan nilaiPCN terhadap ACN dan pelayanan nilai modul pesawat. Metode empiris adalah surfaceoriented sedangkan metode mekanistik adalah base oriented. Berdasarkan analisissensitivitas pada desain perkerasan baru maupun overlay, baik dengan metode empirismaupun metode mekanistik, struktur perkerasan metode mekanistik lebih tipis, denganpenumpang yang diangkut dengan pesawat modul 200 (kelas pesawat 5) dari pada denganpesawat modul 350 (kelas pesawat 6). Nilai PCN, yang dihitung dengan programCOMFAA lebih besar nilai nya dari pada yang dihitung dengan Metode ICAO, baikuntuk perkerasan baru maupun overlay ABSTRACT Method of runway pavement design is divided into two, namely empirical method andmechanistic method. There is a shift in the systematics of designing the runway, from asystem of empirical method to the mechanistic method, necessary to study about theeffect of the shift to the design of the runway - the airport in Indonesia, both to the newairport and the airport is already operating (overlay), as well as the effect of the shift tothe calculation of the value of PCN (Pavement Classification Number). Empirical calculation method based on the method of FAA documents 150/5320-6D andmechanistic method based document 150/5320-6E applied to computer programsFAARFIELD (Federal Aviation Adminstration Rigid and Flexible Layer IterativeDesign), whereas the study by PCN value calculation of theoretical methods or ICAOmethod and the computer program COMFAA based document AC 150/5335-5C.Assessment appeals against the design parameters are pavement thickness and cost,sensitivity analysis and calculations that generate criteria PCN, PCN value of the ACNservices and aircraft services module value. The empirical method is surface orientedwhile the mechanistic method is base oriented. Based on the sensitivity analysis onpavement design new or overlay, either by empirical methods and mechanistic method,pavement structure mechanistic method is thinner, with passengers transported by planemodule 200 (Aircraft grade 5) of the plane module 350 (Aircraft grade 6). PCN value,which is calculated by the program COMFAA its value is greater than that calculated bythe ICAO method, both for new pavement and overlay |