Faktor-faktor penyebab klaim tertunda BPJS Kesehatan RSUD DR Kanujoso Djatiwibowo periode Januari - Maret 2016 = Factors affecting pending of claim BPJS Kesehatan Dr Kanujoso Djatiwibowo hospital period January-March 2016 / Antonius Artanto Endro Purwandono
Antonius Artanto Endro Purwandono;
Dumilah Ayuningtyas, supervisor; Vetty Yulianty Permanasari, examiner; Puput Oktamianti, examiner; Indah Rosana Djajadiredja, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Terdapat sekitar 10-15% klaim yang tertunda pembayarannya di Rumah SakitUmum Daerah dr Kanujoso Djatiwibowo. Tujuan penelitian ini adalahmengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada tertundanya klaim BadanPenyelenggara Kesehatan Sosial Kesehatan sesuai panduan klaim dan perjanjiankerjasama. Sumber data yang diambil berasal dari jumlah klaim yang tertunda diRumah Sakit Umum Daerah dr. Kanujoso Djatiwibowo periode Januari - Maret2016 dan menggali penyebab terjadinya permasalahan tersebut melalui informan.Penelitian bersifat kuantitatif dan kualitatif dengan metode deskriptif analitikmenggunakan studi retrospektif dari data sekunder resume medis yang tidaklengkap dan wawancara serta diskusi. Hasil penelitian menunjukkan faktor yangmempengaruhi klaim tertunda adalah ketidaklengkapan resume medis yangdidominasi ketiadaan tanda tangan Dokter Penganggungjawab Pasien ( DPJP)disebabkan didapatkan adanya tugas ganda pada case manager sehinggaterjadinya keterlambatan dalam penyelesaian resume medis elektronik. Saran yangdiajukan adalah penggunaan rekam medis elektronik, pemisahan tugas antaracase manager dengan dokter ruangan, peningkatan kepatuhan case manageruntuk menulis sejak awal data resume medis pasien antara lain dengan penilaiankinerja dan remunerasi terintegrasi ABSTRACT There was 10-15% pending of claim because uncomplete medic in dr. KanujosoDjatiwiwo Hospital. The purpose of this study is to find factors affecting pending ofclaims of Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan as claims guidance andcontract paper. Data sources has taken from pending of claims of dr KanujosoDjatiwibowo hospital periode January ? March 2016 and see the deeper problembehind this problems through informans. This study is quantitative qualitativeresearch with analitic describtion method with retrospective study from pending ofclaims, interview and discussion. The result from this study shows factor affectingpending of claims is the absence of specialist doctor who responsible for the patienbecause there is double function from case manager that effect delaying completingelectronic medical resume. Suggest to use immediately electronic medical record,splitting job for case manager and doctor on ward, increasing obedience to writepatien data from beginning such as performance evaluation and integratedremuneration. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 147 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-18-581709381 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20433990 |