ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menghitung dan menjelaskan korelasi antaraketerpahaman teks reading pada ujian nasional Bahasa Inggris paket 1 SekolahMenengah Atas dan keterbacaan teks serta hasil ujiannya tahun 2014 dan 2015.Teori yang digunakan adalah teori kualitas teks (Schriver, 1989). Kualitas teksdidasarkan pada dua aspek, yakni keterbacaan dan keterpahaman. Penelitian inimenggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 100 pelajar SMAN1 Padang Panjang. Jumlah teks yang dianalisis adalah 20 teks yang terdiri atassebelas teks pada UN tahun 2014 dan sembilan teks pada UN tahun 2015.Berdasarkan keterbacaan teks, ditemukan keterbacaan teks-teks pada UN BahasaInggris paket 1 tahun 2014 dan 2015 adalah 37.2 dan 39.4; artinya teks-tekstersebut berada pada tingkat sulit (dalam skala 30 ? 49) dan cocok untukmahasiswa. Sementara itu, keterpahaman teks-teks yang ada pada UN BahasaInggris tahun 2014 dan 2015 adalah 48.1% dan 47.8%; artinya teks-teks tersebutberada pada tingkat sedang (dalam skala 44% - 53%). Selanjutnya, keterbacaanteks pada UN Bahasa Inggris paket 1 SMA tahun 2014 dan 2015 memilikikorelasi yang signifikan dengan keterpahaman. Terakhir, keterpahaman teks padaUN Bahasa Inggris tahun 2014 dan 2015 memiliki korelasi yang signifikandengan hasil ujiannya. ABSTRACT This research aimed at calculating and explaining correlation of textscomprehensibility in the reading section of the Senior High School EnglishNational Examinations Package 1 with text readability and the examination resultsin 2014 and 2015 using the theory of text quality proposed by Schriver (1989).The text quality is measured based on readability and comprehensibility. Theresearch used a quantitative method. The samples were 100 students of SMAN 1Padang Panjang. There were 20 texts analyzed. The result showed that the textsreadability in package 1 of the Senior High School National Examination in 2014and 2015 were 37.2 and 39.4; which means the texts were difficult (in scale 30 -49) and suitable for university students. Meanwhile, the texts comprehensibility inpackage 1 of the Senior High School National Examination in 2014 and 2015were 48.1% and 47.8%; which means the texts were at instrumental level (in scale44% - 53%). Furthermore, the texts readability had significant correlation with thetexts comprehensibility in Senior High School English national examinationpackage 1 in 2014 and 2015. Finally, there was strong correlation between textcomprehensibility of the Senior High School English National Examination andthe exam results in 2014 and 2015 |