ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan panduan pemilihan teks autentik yangtepat guna untuk kemahiran membaca tingkat lanjut, khususnya lanjut menengahdan lanjut tinggi dalam pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing(BIPA). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitiandiambil melalui penyebaran angket untuk pemelajar, wawancara untuk pengajar,dan dokumentasi lembaga berupa kurikulum kemahiran membaca tingkat lanjut(BIPA 3) serta teks-teks autentik yang digunakan di kelas. Panduan dirancangdengan menggunakan kriteria pemilihan teks autentik yang dikemukakan olehTomlinson dan Masuhara (2004) yang mempertimbangkan empat faktor pentingdalam memilih teks autentik, yaitu faktor pengajar, kebutuhan pemelajar,kurikulum lembaga, dan teks autentik. Temuan penelitian berupa panduanpemilihan teks autentik yang memiliki tiga kriteria utama, yaitu pengajar,pemelajar, dan teks autentik yang digunakan di kelas. Selain itu, pengajar jugaperlu mempertimbangkan pemakaian teks autentik yang berjenjang sesuai tujuanpembelajaran dalam kurikulum. Kemudian, untuk menunjang skemata pemelajar,perlu dibuat pemetaan topik-topik teks yang sudah dipelajari pada tingkat-tingkatsebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi pemelajar dan tujuanpembelajaran merupakan faktor yang sangat berperan dalam memilih teks autentiksebagai bahan ajar di kelas membaca. Selain itu, faktor kenyamanan pengajar saatmenggunakan teks autentik sebagai bahan ajar juga tidak boleh terabaikan denganalasan penguasaan pengajar terhadap topik teks oetntik yang digunakan di kelas ABSTRACT This research aims to develop guidelines for authentic text selection for theIndonesian as a Foreign Language Reading Class at Advanced Level, particularlyin advanced intermediate and advanced high. This research uses a descriptivequalitative method. The data were taken through a questionnaire for learners,interview for teachers, and documentations of the institution in the form ofadvanced reading skills curriculum (BIPA 3) and authentic texts to be used. Theguidelines are designed by following the authentic text selection criteria proposedby Tomlinson and Masuhara (2004) which considering four important factors inselecting authentic texts, namely teachers, learners needs, curriculum institutes,and the authentic text. The research findings are in the form of guidelines forauthentic text selection which has three main criteria, namely teachers, learners,and the authentic text. The research also found that teachers need to consider theuse of authentic grading texts which appropriate to learning objectives in thecurriculum. Then, to support the learners‟ schemata, the mapping of text topicswhich have learned in previous levels need to be made. There are someconclusions of this research. First, learners‟ motivation and learning objectives areimportant factors in choosing authentic texts as teaching materials for readingclasses. Furthermore, the teachers‟ convenience when use authentic texts in classshould be considered cause the reason of teacher mastery with the topic ofauthentic texts used in class. |