Model sistem dinamis pada optimasi fasilitas bandara berdasarkan potensi prediksi penumpang = System dynamics model on the optimization of airport facility based on the potential of air passenger prediction
Eny Yuliawati;
Sigit Pranowo Hadiwardoyo, promotor; Bambang Susantono, co-promotor; Laurent Carnis, co-promotor; Widjojo Adi Prakoso, examiner; Tri Tjahjono, examiner; R. Jachrizal Sumabrata, examiner; Agus Edi Susilo, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Pertumbuhan penumpang angkutan udara mengalami peningkatan sejalan denganpertumbuhan penduduk dan perekonomian di suatu negara. Revenue passengerkilometers (RPK) di seluruh dunia dalam kurun waktu 10 Tahun tumbuh rata-rata 4,7 %per tahun, dan untuk wilayah Asia Tenggara pertumbuhan RPK dalam periode yang samaadalah sebesar 6,6 % per tahun. Hal itu menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan lalulintas udara di Asia Tenggara melebihi tingkat pertumbuhan dunia. Pertumbuhanangkutan udara di Indonesia termasuk dalam 10 besar dunia dan tertinggi di kawasanAsia Pasifik dengan jumlah penumpang angkutan udara yang mencapai 72,4 juta.Pertumbuhan penumpang angkutan udara yang sangat pesat tersebut tentu harusdiimbangi dengan penyediaan infrastruktur transportasi udara. Sementara saat ini alokasianggaran pemerintah di bidang infrastruktur transportasi sangat terbatas. Untuk sektorinfrastruktur bandar udara, pemerintah hanya mengalokasikan anggaran sebesar 19,5triliun/5 tahun sedangkan anggaran yang diperlukan untuk pengembangan 233 bandarudara adalah sebesar Rp.54 trilliun/5 tahun. Dengan demikian terjadi gap pembiayaansebesar Rp.34,5 trilliun atau 63 % dari kebutuhan anggaran belum dapat terpenuhi.Dengan keterbatasan dana tersebut maka perlu mengoptimalkan fasilitas bandar udarayang ada tanpa mengabaikan keselamatan penerbangan.Salah satu untuk upaya mendukung optimasi fasilitas bandar udara dapat dikembangkanmodel prediksi penumpang angkutan udara dengan menggunakan pendekatan sistemdinamis. Keunggulan dari pengembangan model optimasi fasilitas bandara berdasarkanpotensi prediksi penumpang angkutan udara dengan pendekatan sistem dinamis adalahvariabel yang digunakan untuk mengukur potensi demand ditentukan melalui prosessystems thinking yaitu penentuan variabel dengan mental model yang mempertimbangkanhubungan kausalitas antar variabel secara dinamis, sistematis, logis dan realistis darisebuah sistem yang bersifat komplek. Model prediksi penumpang angkutan udara yangkomprehensif dapat membantu dalam menganalisa pengambilan sebuah keputusan dalammengoptimalkan fasilitas bandar udara ABSTRACT The growth of air passengers has increased in line with the population and economicgrowth ofthe country. Revenue passenger kilometers (RPK) around in the world duringten years grew on average of 4.7 % per year, and in the Southeast Asian region. RPKgrowth in the same period was 6.6% per year. It shows that the rate of traffic growth inSoutheast Asia exceeds the growth rate of the world.The growth of air transport in Indonesia, including in top ten in the world and the highestin the Asia Pacific region with a number of air passengers reached 72.4 million. Thegrowth of passenger air transport is very rapid course must be balanced with theprovision of air transport infrastructure, while the government budget in transportinfrastructure sectorhas a constraint. Budgeting for the airport infrastructure sector thegovernment only allocates 19.5 trillion / 5 years while the necessary budget for thedevelopment of 233 airports amounted to Rp.54 trillion / 5 years hence a financing gapamounting to Rp.34 , 5 trillion or 63 % of the budget requirements. Based on thelimitation of airport budgeting, needed optimization of airport facilities. The one ofpolicy istruments is define a model air passenger demand forecasting using a dynamicsystems approach to support optimization of airport facilities.The advantage of demand forecasting model using dynamic systems approach is thevariables to measure the potential demand is determined through a process of systemsthinking , namely the determination of the variable with the mental model that considersthe causality relationship inter variables dynamically , systematic , logical and realistic.The robust model of demand forecasting could support to analyze a decision making onoptimization of airport facilities. |
![]()
|
No. Panggil : | D2406 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 175 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
D2406 | 07-18-651672447 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20434184 |