ABSTRAK Self efficacy pembimbing klinik mampu meningkatkan sosialisasi keperawatan profesional kepadamahasiswa keperawatan. Akan tetapi kenyataan dilapangan terbukti masih rendah dan kurang mendapatperhatian. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penerapan modul bimbingan klinikefektif(MBKE) terhadap self efficacy pembimbing klinik. Metode penelitian tahap satu menggunakankualitatif untuk mengidentifikasi modul bimbingan klinik yang di harapkan oleh mahasiswa programNers. Hasil penelitiannya adalah teridentifikasi 10 tema yang dijadikan 5 dimensi. Hasil ini dilakukankonsul pakar yang menghasilkan modul bimbingan klinik efektif (MBKE). Model ini dilengkapi bukupanduan implementasi dan modul materi pelatihan. Metode penelitian tahap kedua menggunakan disainpre-post test with control group, digunakan untuk mengetahui pengaruh MBKE terhadap pengetahuan,sikap, dan self efficacy. Pemilihan sampel menggunakan consecutive sampling, yang menghasilkan 74perawat (37 kelompok intervensi dan 37 kelompok kontrol). Hasil penelitian ini membuktikan bahwapelatihan BKE: 1) mampu meningkatan pengetahuan (p value=0,00), sikap (p value=0,00), dan selfefficacy (p value=0,00) pembimbing klinik; 2) pengaruh terbesar terhadap pengetahuan (77%).Simpulan yaitu pelatihan MBKE mampu meningkatkan pengetahuan, sikap, dan self efficacy pembimbingklinik, serta pengaruh terbesar dalam meningkatkan pengetahuan (77%). Penelitian lanjutan dapatdilakukan dengan menambah variabel yang berdampak langsung kepada mahasiswa keperawatan ABSTRACT Self efficacy of clinical nurse instructors (CNI?s) could improve the socialization of nursing professionalof nursing students, whereas, on the fact that their self efficacy was still low. The purpose of this studywas to know the effect of effective clinical teaching model to CNI?s self efficacy. The the first step usedqualitatif research with phenomology design, that resulted 10 themes and become 5 dimensions asclinical teaching that was hoped by nursing student. After consulting to two nursing expert, finally itformed effective clinical teaching module (ECTM). The second step used pre-post test with control groupdesign, to know the effects of ECTM by training toward knowledge, attitudes, and self efficacy. Thesampling method used consecutive sampling that included 74 CNI?s (37 intervention and 37 control).The researh result showed that ECTM training: 1) could improve significantly(P value 0,00), the variableknowledge, attitudes and self efficacy; 2) knowledge variable most effected (77%). The conclusion werethe ECT training significantly improved knowledge, attitudes and self efficacy of CNI?S, and knowledgewas the most effected variable. The next research conduct study with many variables that directly effectto nursing students. |