Penggunaan teori kognitif sosial untuk mengembangkan dan mengevaluasi efek program gaya hidup sehat pada remaja dengan kelebihan berat badan = The Use of social cognitive theory to develop and evaluate the effect of healthy lifestyle program among overweight adolescents
Healthy Hidayanty;
Saptawati Bardosono, promotor; Helda Khusun, co-promotor; Rita Damayanty, co-promotor; Rina Agustina, examiner; Widjaja Lukito, examiner; Aryono Hendarto, co-promotor; Kolopaking, Risatianti, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menentukan efek programgaya hidup sehat (HLP) berdasarkan teori kognitif sosial (SCT) pada remajadengan kelebihan berat badan di Kota Makassar. Studi ini terdiri dari tiga tahap.Tahap pertama bertujuan untuk mengembangkan HLP. Tahap selanjutnyabertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrument untuk mengukurefek HLP. Tahap akhir dari studi ini bertujuan untuk menilai efek HLP terhadapefikasi diri remaja untuk berperilaku sehat, efikasi diri orang tua, perilaku remajadan indeks anthropometri dengan menggunakan desain uji kluster acak terkontrol.Sebanyak delapan (8) sekolah menengah pertama (SMP) diramndomisasi untukmenentukan sekolah intervensi dan kontrol. Total 238 remaja dengan kelebihanberat dan orang tuanya diikutsertakan dalam penelitian ini. Perubahan outcomedianalisis dengan menggunakan uji ANCOVA dengan pendekatan intention totreat. HLP adalah sebuah program yangh terdiri atas dua belas (12) sesipendidikan yang menerapkan beberapa strategi perubahan perilaku dari SCTantara lain penguatan positif, monitoring diri, penentuan tujuan dan keterlibatanorang tua yang disampaikan sekali seminggu oleh para fasilitator terlatih melaluisesi kelompok. HLP berkontribusi dalam meningkatkan efikasi diri remaja untukmempraktikkan perilaku sehat, menurunkan kebiasaan cemilan, dan perubahanpada BMI Z-score menurut umur dan lingkar pinggang. ABSTRACT The study aimed to develop and determine the effect of healthy lifestyle program(HLP) based on Social Cognitive Theory (SCT) among overweight adolescents inMakassar City. It consisted of three stages. Stage one was to develop HLP. Nextstage was to develop and validate the instruments for measuring the effect ofHLP. The last was to measure the effects of HLP on adolescents? self-efficacy onhealthy behaviors, parents? self-efficacy, adolescents? behaviors, andanthropometry indices using cluster randomized controlled trial design. EightSMP were randomly assigned to intervention and control schools. A total of 238overweight adolescents and their parents were involved. Changes in outcomeswere analyzed using ANCOVA on an intention to treat basis. HLP is twelvesessions of education applied behavior change strategies from SCT includingpositive reinforcement, self-monitoring, goal setting and parents? involvementdelivered by trained facilitators through weekly group sessions. HLP contributedin increasing adolescents? self-efficacy for practicing healthy behavior, reducingsnacking habit, and changing BMI for age Z-score and waist circumference |
D-Healthy Hidayanty.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | D-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online source |
Deskripsi Fisik : | xviii, 274 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
D-Pdf | 07-18-640373698 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20434195 |