Perencanaan program kampanye sosial Indonesia berzakat untuk meningkatkan realisasi penerimaan zakat pada pos keadilan peduli umat (PKPU) = Social campaign program planning Indonesia berzakat to increase zakat collection on pos keadilan peduli umat (PKPU)
Muhammad Rayhan Krisnadi;
Tri Choesijanto Trisnohandoko, supervisor; Wahyuni Pudjiastuti, examiner; Hendriyani, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
Analisis Situasi1. Dengan hampir 90% penduduk Indonesia beragama Islam, Indonesia memiliki potensi zakat yang sangat tinggi, yaitu 217 triliun per tahun. Dalam agama Islam hukum zakat adalah wajib, namun terdapat banyak kesalahan persepsi mengenai zakat, diantaranya adalah anggapan bahwa pemberian langsung secara indvidu dianggap lebih baik. Selain itu banyak yang belum mengenal konsep zakat mal.2. Survey menunjukan kecenderungan perilaku derma masyarakat Indonesia tinggi, termasuk derma yang didasari agama.3. Banyak orang yang membayar zakat melalui lembaga yang tidak berbadan hukum karena jumlah lembaga formal terbatas, lokasinya tidak diketahui, serta ketidakpercayaan terhadap lembaga formal.4. UU no 23 tahun 2011 mengatur pengurangan beban pajak bagi mereka yang telah membayar zakat kepada lembaga formal.5. Pengumpulan dana zakat PKPU selalu kurang dari setengah nonzakat. PKPU menargetkan peningkatan angka zakat yang signifikan.6. Dana PKPU yang dapat digunakan untuk program komunikasi kecil karena memperhatikan aspek kehati-hatian.Tujuan1. Memersuasi khalayak untuk membayar zakat2. Membangun kepercayaan khalayak terhadap PKPU3. Mengubah perilaku khalayak agar membayar zakat melalui PKPUSasaran Program Komunikasi1. Meningkatkan kesadaran khalayak untuk membayar zakat2. Meningkatkan citra PKPU melalui coverage media3. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap PKPU4. Membangun hubungan kultural dengan donatur PKPUStrategi1. Mengundang khalayak untuk ikut serta dalam online activation,2. Memicu khalayak untuk mengidentifikasi diri mereka kepada para Zakat Warior3. Melakukan engagement kepada media dengan melakukan media relation4. Memberikan experience hidup bersama mustahik kepada para muzakki5. Pengunaan mobile apps untuk diseminasi informasi dan pertanggungjawaban kegiatan PKPU serta untuk memudahkan khalayak dalam membayarkan zakatnya.Khalayak SasaranKhayalak sasaran dalam kampanye ini berjenis kelamin pria dan wanita dengan usia 25-60 tahun dan beragama Islam.Pesan Kunci1. PKPU melaksanakan kampanye Indonesia berzakat untuk mengajak setiap Muslim di Indonesia yang mampu agar membayarkan zakatnya.2. Zakat sebaiknya dibayarkan melalui lembaga resmi agar lebih akuntabel dan transparan, serta dapat mengurangi beban pajak.3. PKPU sebagai LAZ yang independen memberikan kemudahan kepada muzakki untuk membayar zakat.4. Membayar zakat bukan hanya tentang mengeluarkan uang untuk pihak yang membutuhkan, tapi juga mengenai hubungan manusia dengan Tuhannya dan pembangunan sosial.Program1. Amil Capacity Building2. Optimalisasi Aktivitas Online3. Zakat Warrior4. Melakukan Hubungan dengan Media5. Pemanfaatan Credible Source6. Melihat Lebih Dekat7. Mobile Zakat8. Major Gift OfficerAnggaranRp213,975,000EvaluasiEvaluasi dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu:1. Tahap input, yaitu perencanaan dan pelaksanaan kegiatan2. Tahap output,yaitu hasil kegiatan3. Tahap outcome, yaitu dampak kegiatan |
TA-Muhammad Rayhan Krisnadi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | TA-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 61 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
TA-Pdf | 16-18-500453572 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20434328 |