:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Pergeseran komunitas di dalam masyarakat perkotaan studi kasus komunitas nebengers = The shift of community in urban society case study on the community of nebengers

Novi Nurmayni; Raphaella Dewantari Dwianto, supervisor; Lugina Setyawati Setiono, examiner ([Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Banyaknya komunitas online yang bermunculan membuat banyak orang berminat untuk masuk ke dalam komunitas online. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya masyarakat kota yang masuk ke dalam komunitas online nebengers, yang dari awal terbentuknya pada tahun 2011 hingga 2015 sudah memiliki jumlah anggota sebesar 83.000. Hal yang menarik dalam fenomena ini adalah apa yang membuat masyarakat kota ingin masuk ke dalam komunitas online yang mereka sendiri tidak tahu siapa anggotanya, seperti yang diketahui bahwa kegiatan yang terdapat di nebengers hanya mengandalkan trust. Penulis berargumen bahwa masuknya sesorang ke dalam komunitas online karena adanya perubahan makna masyarakat dalam melihat komunitas yang kemudian mempengaruhi arti trust anggota terhadap komunitas. Studi ini menemukan bahwa banyaknya anggota yang masuk ke dalam komunitas nebengers bukan karena adanya kesamaan etnis, darah atau agama, namun mereka melihat nebengers sebagai komunitas yang dapat menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Selain itu kegiatan offline merupakan hal yang penting untuk membangun trust di nebengers. Studi ini menggunakan kasus komunitas nebengers dengan menggunakan metode kualitatif berupa wawancara mendalam agar informan lebih terbuka dalam penyampaian informasi terkait dengan studi ini.

ABSTRACT
Nowadays, the emergence of many online communities made numerous people become interested to join it. Those phenomena arguably could be seen from various people in urban area who joined nebengers, a online community that occurred in most Indonesian cities, which was formed in 2011 and as of 2015 had 83.000 members. The thing that makes this phenomena interesting is, what makes people in urban area intrigued to join online community where they don’t know the member but still rely its trust in being nebengers. Seeing that, i would argued that the reason why someone joined the online community happened because there is a change of meaning on how society perceive the community, which subsequently would affect the meaning of trust among members toward the community. From this article, it is found that those who joined nebengers are triggered by ones perception where nebengers may well resolve the public transportation-related problems which they encountered. Altough nebengers is a online community, however the sense of trust apparently occurred because there are offline activities which were built together. This article focused on the case of nebengers by using qualitative methodology where in-depth interview are chosen to make key informants more open regarding relevant information.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Novi Nurmayni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: [Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : lib ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : v, 31 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI,
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-90738771 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20434667