:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Praktek kerja profesi di Apotek Kimia Farma No. 47 Radio Dalam, JL. Radio Dalam Raya No. 1-S, Jakarta Selatan periode April 2016 = Internship at Apotek Kimia Farma No 47 Radio Dalam JL. Radio Dalam Raya No 1 S South Jakarta period April 2016

Sitompul, Effata Else; Djamal Yusuf, supervisor; Nelly Dhevita Leswara, supervisor (Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Praktek Kerja Profesi (PKP) di apotek bertempat di Apotek Kimia Farma No. 47 Radio Dalam. Kegiatan ini berlangsung selama empat minggu pada bulan April 2016. Praktek Kerja Profesi di apotek bertujuan agar mahasiswa apoteker mampu memahami tugas dan peran apoteker dalam pengelolaan apotek, melakukan praktik pelayanan kefarmasian, serta memiliki wawasan dan gambaran nyata akan permasalahan pekerjaan kefarmasian yang terjadi di apotek. Berdasarkan kegiatan PKP yang dilakukan, Apoteker Pengelola Apotek (APA) di Apotek Kimia Farma No. 47 Radio Dalam secara umum telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam pengelolaan apotek terkait kegiatan teknis kefarmasian dan kegiatan nonteknis kefarmasian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mahasiswa apoteker telah memperoleh wawasan mengenai peran dan pekerjaan kefarmasian yang dilakukan di apotek. Kegiatan teknis kefarmasian yang dilakukan di apotek meliputi pengadaan, penerimaan, penyimpanan, penjualan, pengelolaan narkotika, pengelolaan psikotropika, dan dokumentasi resep. Adapun kegiatan nonteknis kefarmasian yang dilakukan di apotek adalah penyusunan resep dan struk pembayaran, penandaan harga pada resep kredit untuk penagihan. Tugas khusus yang diperoleh saat PKP di Apotek yaitu Analisis Resep Penyakit Hipertensi. Tugas khusus ini bertujuan untuk memahami pengkajian resep dan pelayanan farmasi klinik terkait dengan penyakit hipertensi. Masalah yang terjadi di Apotek Kimia Farma No. 47 Radio Dalam adalah ketiadaan Apoteker Pendamping yang dapat menggantikan APA ketika sedang tidak ada di tempat dan perlunya ketersediaan area khusus untuk pasien yang membutuhkan konseling dengan Apoteker.

Profession Internship at pharmacy was held at Kimia Farma No. 47 Radio Dalam. This activity lasted for four weeks in April 2016. Profession Internship at the pharmacy aims to make pharmacist students able to understand the tasks and role of the pharmacist in the pharmacy management, implementation of pharmaceutical practice, as well as having the insight and the real picture of problems that occur in the work of pharmacy. Based on the activities during internship, Pharmacy Manager in Kimia Farma No. 47 Radio Dalam in general has been performing its duties and responsibilities in the pharmacy management of activities related pharmaceutical technical and nontechnical pharmaceutical that accordance with the legislation in force. Pharmacist students have gained insight into the role and the work undertaken in the pharmacy. Pharmaceutical technical activities undertaken in the pharmacy include procurement, receipt, storage, sale, management of narcotics and psychotropic, also documentation recipes. As for the non-technical activities undertaken in the pharmacy pharmacy is preparing a prescription and receipt of payment, the price of the prescription labeling credit for billing. The special task obtained when PKP in the pharmacy is Hypertension Disease Prescription Analysis. These is to understand the assessment of prescription and clinical pharmacy services associated with hypertension. Problems that occur in Kimia Farma No. 47 Radio Dalam is the absence of Pharmacist Assistants to replace pharmacists while it is not in place and the need for the availability of a special area for patients who need of counseling with pharmacist.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-pdf-Effata Else Sitompul-Praktek kerja.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : PR-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 51 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-Pdf 16-18-075391420 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20435150