ABSTRAK Cedera berkontribusi sebanyak 40% kematian pada anak usia sekolah. Cedera menyebabkanpeningkatan angka kesakitan, pengeluaran biaya kesehatan dan angka absensi siswa.Pencegahan cedera di komunitas sangat dibutuhkan sebelum menimbulkan dampak negatifpada anak, salah satunya dengan pendekatan Knowledge, Skill, Motivation, Opportunity andAccess, Suportive Environment (Kosmos). Penulisan ini bertujuan untuk memberikangambaran pelaksanaan Kosmos dalam manajemen pelayanan dan asuhan keperawatankomunitas pada anak usia sekolah dengan risiko cedera melalui integrasi Teori Manajemen,Triad epidemiological, Comprehensive School Health Model, dan Family Centered Nursing.Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan sampel adalah anak usia sekolahdasar yang berjumlah 234 orang, diambil dengan teknik total sampling. Intervensi dilakukanselama 6 bulan. Hasilnya adalah terjadi peningkatan motivasi kader dan tim pelaksana UKSdalam pencegahan cedera. Terjadinya peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, sikapdan keterampilan kader kesehatan sekolah, siswa, dan keluarga dalam pencegahan cedera,serta terjadinya peningkatan kemandirian keluarga setelah diberikan intervensi kosmos.Intervensi kosmos merupakan salah satu pendekatan yang berbasis komunitas yang terbuktiefektif dalam meningkatkan perilaku pencegahan cedera. Diharapkan intervensi kosmosdapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan intervensi keperawatan dalam penyelesaianmasalah kesehatan pada anak usia sekolah dengan risiko cedera. ABSTRACT Injuries caused 40% of deaths in school age children. Injuries not only caused increasedmorbidity and health care cost, but also decreased student’s school attendance. Injuryprevention is needed before it can cause negative impacts on children. One of the preventionapproach is Knowledge, Skill, Motivation, Opportunity and Access, Suportive Environment(Kosmos). The aim of this paper was to provide an overview the implementation of Kosmos innursing care and service management on school-age children with a risk of injury throughthe integration of Management theory, Triad epidemiological theory, Comprehensive SchoolHealth Model, and Family Centered Nursing Theory. The method used a quasy experimentalstudy, with samples are 234 school age children, taken through total sampling technique.This intervention conducted for 6 months. The result shows that there was an increases ofKader and Tim Pelaksana UKS’ motivation in injury prevention. There were a significantincreases in knowledge, attitudes and skills of kader, students, and families in the injuryprevention, as well as the increased independence of the family after given cosmosintervention. Cosmos intervention can be used as a nursing intervention approach to solvinghealth problems in children of school age with risk for injury. |