:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Perilaku remaja putri dalam menghadapi menarche sesuai dengan nilai dan budaya keluarga Batak di Jakarta: Studi Grounded Theory = Adolescent girl behavior encountering menarche phase according to Batak`s Culture and Traditional Value in Jakarta: Grounded Theory Study

Simanjuntak, Merida; Setyowati, supervisor; Yati Afiyanti, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Masa remaja merupakan suatu tahap antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa. Masa transisi ini ditandai dengan terjadinya perubahan pada fisik, intelektual, seksual dan emosional. Menarche pada perempuan menandakan bahwa remaja sudah memasuki tahapan kedewasaan dalam sistem reproduksinya. Terdapat perbedaan respon dalam menghadapi menarche sesuai dengan nilai dan budaya masyarakat termasuk dalam suku Batak. Tujuan dari penelitian ini adalah dikembangnya kerangka teoritis tentang pola perilaku remaja putri dalam menghadapi menarche sesuai dengan nilai dan budaya keluarga Batak di Jakarta. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan pendekatan grounded theory dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan studi literatur. Enam orang partisipan direkrut dengan cara purposive sampling di wilayah Jakarta Timur. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan constant comparative analysis sampai tercapai saturasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku remaja putri dalam menghadapi menarche sesuai dengan nilai dan budaya Batak, yang dipengaruhi oleh informasi yang diterima, pola asuh dalam keluarga dan pandangan orangtua terhadap menarche. Oleh karena itu perawat diharapkan dapat memberikan informasi yang komprehensif kepada remaja tentang proses perkembangan reproduksi remaja dan perawatan saat menarche dengan mengikutsertakan orangtua dalam pemberian pendidikan kesehatan pada anak.

Adolescence is a phase between childhood and adulthood. There are some changes occur due to this transitional phase including physical, intellectual, sexual and emotional changes. Menarche in woman means that developing of reproductive system has started. The responses of this situation based on her culture and community value. The purpose of this study is to explore a concept about menarche adolescent girl behavioral pattern according to Batak?s culture and traditional value in Jakarta. The qualitative study was conducted using grounded theory approach, by collecting data from interviews, observation and literature study. Six respondents were recruited using purposive sampling in East Jakarta. The data was analyzed using constant comparative analysis until data saturation was achieved. Research result shows that menarche adolescent girl behavioral pattern according to Batak?s culture and traditional value that was influenced by information adopted, mothering pattern in the family and parent?s perception of view about menarche phase. Regarding this, a nurse is expected to be able to give comprehensive information to adolescent girl about its reproductive system development and nursing in menarche phase. In addition, parent?s involvement is recommended in giving health education to children.

 File Digital: 1

Shelf
 Merida Simanjuntak.pdf :: Unduh

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : volume
Deskripsi Fisik : xi, 101 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-052347409 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20437799