ABSTRAK Salah satu indikator kualitas pelayanan rumah sakit adalah kepuasan pasien terhadappelayanan keperawatan yaitu pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang. Programpendidikan ini belum dilaksanakan di RSD Kabupaten Madiun, sehingga perlu dilakukanpenelitian tentang pengaruh pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terhadapkepuasaan pasien tentang pelayanan keperawatan Tujuan penelitian ini adalah mengetahuipengaruh program tersebut terhadap kepuasaan pasien sehingga dapat digunakan untukmeningkatkan kualitas pelayanan keperawatan. Metode penelitian yang digunakan adalahquasi eksperimen postest only with control group design. Jumlah responden sebanyak 80pasien yang dibagi dalam kelompok intervensi dan kontrol masing-masing 40 orangberdasarkan ruang perawatan. Pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terdiri darinutrisi, aktifitas, tanda dan gejala serta obat-obatan. Kepuasan pasien diukur denganmenggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti dengan hasil uji validitas0,4678 – 0,9098 dan reliabilitas 0,9851. Perbedaan kepuasan pasien pada kelompokintervensi dan kontrol dianalisis dengan uji beda 2 mean t test independent dan faktordominan yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien dianalisis dengan regresi linierberganda dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien terhadappelayanan keperawatan yang mendapat pendidikan kesehatan persiapan pasien pulangmencapai 94,23% dan yang tidak mendapatkan mencapai 71,42% dengan (p = 0,000 <0,05), berarti terdapat pengaruh pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terhadapkepuasan pasien tentang pelayanan keperawatan. Pendidikan kesehatan persiapan pasienpulang perlu direkomendasikan oleh rumah sakit untuk dilaksanakan kepada seluruhpasien di ruang rawat inap dan rawat jalan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasiendan kualitas pelayanan keperawatan. ABSTRACT One of hospital service quality indicator is patient satisfaction of nursing service that ishealth education of return patient preparation. This education program can not beimplemented yet at Public Hospital in Madiun District, so it is important to be done aresearch concerning the effect of health education on return patient preparation towardpatient satisfaction of nursing service. This research purpose is to know the effect of thisprogram toward patient satisfaction so it can be used. This research used a quasiexperiment post test only with control group design. Amount of respondents are 80patients divided into intervention and control group, each group consist of 40 people basedon caring room. Health education of return patient preparation consists of nutrition,activity, signal and symptom and also medicines. Patient satisfaction is measured by usingquestionnaires which is developed by researchers with validities test results of 0,4678 -0,9098 and reliability of 0,9851. Difference of patient satisfaction on intervention andcontrol group is analyzed by different test 2 mean t test independent and dominance factorwhich have effect on patient satisfaction analyzed by multiple linear regression with α =0,05. Research result indicated that patient satisfaction of nursing service which gettinghealth education of return patient preparation reached 94,23% and don't get healtheducation of return patient preparation reached 71,42% (p=0,000 < 0,05), It means thereare effect of health education of return patient preparation toward patient satisfaction ofnursing service. Health education of return patient preparation must be recommended byhospital to implement for all patient both inpatient and outpatient, so it can improve patientsatisfaction and nursing service quality. |