:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi pemasaran kompetitif pusat pertokoan Gajah Mada Plaza : Penerapan teori roda eceran / Dyonisius Beti, Kuswardi S.

Dyonisius Beti; Kuswardi S.; Wahjudi Prakarsa Benjamin, examiner; Teddy Pawitra, supervisor ([Publisher not identified] , 1990)

 Abstrak

P.T. Arta Buana Sakti sebagai pemilik dan pengelola pusat pertokoan Gajah Mada Plaza menghadapi kenyataan bahwa persaingan di bidang bisnis penyewaan pusat pertokoan makin ketat.
Pada saat ini pusat pertokoan Gajah Mada Plaza menikmati tingkat pengisian yang tinggi yaitu 98% dengan harga sewa yang relatif tinggi, harga sewa ini hanya lebih murah dan Pusat Pertokoan Plaza Indonesia.
Pusat Pertokoan Gajah Mada Plaza mula-mula dibangun hanya melihat adanya suatu peluang, dengan mencontoh pusat-pusat pertokoan sebelumnya yang lebih berhasil tanpa mengerti sifat sifat dari suatu lembaga eceran. Manajemen hanya mencontoh yang kelihatannya berhasil dan berusaha memuaskan pengunjung dan penyewa tanpa adanya pengertian mengenai sifat-sifat lembaga eceran. Tentu saja cara ini cukup sulit mencapai sepenuhnya apa yang diharapkan untuk menghaĆ°api perubahan lingkungan di masa yang akan datang.
Untuk mempertahankan tingkat pengisian di dalam persaingan yang semakin ketat maka dicoba untuk mengenali sifat lembaga eceran dengan Teori Roda Eceran (The Wheel of Retailing). Dengan dimengertinya sifat-sifat suatu lembaga eceran maka diharapkan dapat clirumuskan suatu strateji pemasaran yang kompetitif sehingga dapat mempertahankan tingkat pengisian seperti sekarang ini, dengan pengertian memperpanjang siklus roda dan lembaga.
Di dalam mengembangkan strategi pemasaran yang kompetitif, maka langkah-langkah yang dilakukan :
- Mengumpulkan data-data pesaing dan brosur-brosur yang diter bitkan oleh masing-masing pusat pertokoan, lalu menanyakan kepada pengelola secara informal dan akhirnya dikonfirmasikan dengan pengecekan di lokasi.
- Mengumpulkan data lingkungan dari Biro Pusat Statistik dan media massa.
- Menggunakan model ?Grand Strategy Clusters? dari Thompson dan Strichiand sehingga diperoleh ?grand strategy? yang dapat digunakan oleh lembaga. Grand strategy ini ditentukan dan posisi kekuatan bersaing dengan pertumbuhan industri sehingga didapat alternatif grand Strategy. Untuk menetap kan grand strategy yang tepat diperlukan telaah lebih lanjut dan basil temuan data-data pesaing dan lingkungan umum.
- Mempelajani teori-teori dan lembaga eceran untuk memberikan gambaran mengenaf sifat suatu lembaga eceran. Teori roda eceran merupakan salah satu dan teori-teori mengenai lembaga eceran dan pada karya akhir ini akan digunakan sebagai alat untuk menganalisis sifat-sifat perkembangan lembaga eceran di Jakarta.
- Menemukan keunggulan komparatif pusat pertokoan Gajah Mada Plaza yang akan dicapai sebagai dasar pengembangan strategi pemasaran yang kompetitif.
- Mengembangkan Strateji Pemasaran Kompetitif dengan menggabungkan :
a. Keunggulan komparatif Pusat Pertokoan Gajah Mada Plaza
b. Hasjl analisis teori roda eceran
c. Pemanfaatan peluang dan lingkungan luar
d. Antisipasi ancaman dari lingkungan luar.
Dari langkah-langkah pengembangan ini dihasilkan suatu strateji pemasaran kompetitif yang diharapkan dapat memperta hankan tingkat pengisian dan Pusat Pertokoan Gajah Mada Plaza.

 File Digital: 2

Shelf
 T842-Ir Dyonisius Beti.pdf :: Unduh
 T842-Ir Dyonisius Beti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1990
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vii, 103 pages : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-073519382 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438170