ABSTRAK Secara urnum pertumbuhan pasar PC yang tinggi di lndonesiadisebabkan oleh dua hal, pertama adalah semakin tingginya kesadaran danpengetahuan masyarakat mengenai teknologi komputer terutama denganberkembangnya industri multimedia dan internet. Kedua, semakinrendahnya harga komputer yang dipicu oleh liberalisasi perdagangan antarnegara dan kemajuan teknologi. Faktor keberhasilan utama agar unggul di persaingan menuntutperusahaan PC di Indonesia untuk mampu menyediakan sistem penjualanyang tersebar dan mudah ditemukan oleh konsumen. Untuk menyalurkanproduk PC kepada konsumen diperlukan jaringan distribusi yang baik danmeliputi semua segmen pembeli yang ada. Jalur distribusi menjadi bagianyang kritis dalam operasi pemasaran PC. Strategi pemilihan, pengelolaan,dan evaluasi jalur distribusi yang tepat perlu diformulasikan dandiimplementasikan dengan baik. Karya akhir ini bertujuan untuk melakukan penelitian kepadaperusahaan penanaman modal asing PT XYZ dalam memasarkan produkPC bermerek ABC di Indonesia. Secara spesifik, hal-hal yang diteliti adalahidentifikasi kekuatan dan kelemahan XYZ dalam bidang pemasaran, analisastrategi bersaing xyz saat ini, analisa lingkungan usaha PC dan analisakonsumen analisa pemilihan strategi jalur distribusi, dan strategiimplementasi yang perlu dilakukan. Metodologi yang digunakan dalam penulisan dibagi menjadi tigatahap. Pertama adalah penelitian internal XYZ, yaitu pengumpulan datainternal perusahaan dan wawancara dengan profesional XYZ dalam ¡ndustriPC. Kedua adalah dengan melakukan penelitian kepustakaan dan berbagaisumber termasuk data dan analisa konsumen primer, dan lembagapemerintahan, dan majalah-majaiah, dari jurnal pemasaran, dan jugabeberapa situs internet. Terakhir adalah tahap penyusunan karya akhir,mengacu pada judul dengan metodologi deduktif - menarik kesimpulan. Beberapa hal penting yang patut digarisbawahi dari hasil penelitianini adalah bisnis PC di Indonesia sedang mengalami saat-saat yang baik.Hal ini terjadi karena arah liberalisasi membuat harga-harga produk inimenjadi turun sehingga menjadi Iebih kompetitif dan terjangkau oiehmasyarakat. Di Indonesia pasar PC tumbuh berkembang karena didukungdengan jumlah penduduk dan keluarga yang makin membutuhkan PC.Jumlah perkapita PC yang masih cukup rendah dan peningkatan situasiekonomi membuat pasar Indonesia menjadi atraktif. Pada industri PC terlihat adanya dua jenis konsumen. Pertamaadalah pembeli dari kalangan rumah (keluarga) dan kedua dari kalanganbisnis. Masing-masing dari jenis konsumen ¡ni mempunyai karaktenistikyang unik. Mayonitas pembeli PC rumah mengganti komputernya setiap satusampal tiga tahun sekali. PC ini sering digunakan untuk mengerjakanpekerjaan rumah dan hiburan / games. Motivasi kalangan ini untuk membeliPC adalah karena kehandalannya, dalam jangkauan anggaran, dan garansiservis pengganti. lnformasi mengenai produk PC kebanyakan merekadapatkan dari media. Pertumbuhan di sektor ini harus cukup diperhatikankarena pangsa pasarnya cukup cepat berkembang (sekitar 25% per tahunsampai tahun 2001). Hal ini didukung karena makin berkembangnya industriaplikasi multimedia dan internet. Jalur distribusi baru yang paling efektifuntuk menjangkau kalangan ini adalah dengan membuka situs pemasaranPC di internet. Prediksi pangsa pasar PC bisnis masih yang terbesar sampal tahun2001. Kebanyakan dari pemakainya menggunakan untuk aplikasipengolahan kata. Pembeli kalangan bisnis sangat mementingkan jaminanpuura jual dan kinerja PC yang baik. Mereka mempunyai perencanaanpembelian komputer satu tahun sebelumnya. Jenis komputer yang inginmereka beli mayoritas menginginkan dan yang pernah dipakai sebelumnya.Informasi tentang produk kebanyakan didapat dari pameran komputer. Jalurdistribusi baru yang paling efektif untuk menjangkau kalangan ini adalahdengan penyaluran melalui distributor khusus ke industri. Hal ini terjadikarena PC yang dijual perlu dikonfigurasi untuk berkinerja maksimai sesuaidengan kebutuhan pembeli kalangan bisnis. Fleksibilitas dan kebutuhanuntuk memenuhi konfigurasi PC yang bervariasi akan dapat ditangani Iebihcepat dan lebih efislen oleh dstributor ini.;ABSTRAK Secara urnum pertumbuhan pasar PC yang tinggi di lndonesiadisebabkan oleh dua hal, pertama adalah semakin tingginya kesadaran danpengetahuan masyarakat mengenai teknologi komputer terutama denganberkembangnya industri multimedia dan internet. Kedua, semakinrendahnya harga komputer yang dipicu oleh liberalisasi perdagangan antarnegara dan kemajuan teknologi. Faktor keberhasilan utama agar unggul di persaingan menuntutperusahaan PC di Indonesia untuk mampu menyediakan sistem penjualanyang tersebar dan mudah ditemukan oleh konsumen. Untuk menyalurkanproduk PC kepada konsumen diperlukan jaringan distribusi yang baik danmeliputi semua segmen pembeli yang ada. Jalur distribusi menjadi bagianyang kritis dalam operasi pemasaran PC. Strategi pemilihan, pengelolaan,dan evaluasi jalur distribusi yang tepat perlu diformulasikan dandiimplementasikan dengan baik. Karya akhir ini bertujuan untuk melakukan penelitian kepadaperusahaan penanaman modal asing PT XYZ dalam memasarkan produkPC bermerek ABC di Indonesia. Secara spesifik, hal-hal yang diteliti adalahidentifikasi kekuatan dan kelemahan XYZ dalam bidang pemasaran, analisastrategi bersaing xyz saat ini, analisa lingkungan usaha PC dan analisakonsumen analisa pemilihan strategi jalur distribusi, dan strategiimplementasi yang perlu dilakukan. Metodologi yang digunakan dalam penulisan dibagi menjadi tigatahap. Pertama adalah penelitian internal XYZ, yaitu pengumpulan datainternal perusahaan dan wawancara dengan profesional XYZ dalam ¡ndustriPC. Kedua adalah dengan melakukan penelitian kepustakaan dan berbagaisumber termasuk data dan analisa konsumen primer, dan lembagapemerintahan, dan majalah-majaiah, dari jurnal pemasaran, dan jugabeberapa situs internet. Terakhir adalah tahap penyusunan karya akhir,mengacu pada judul dengan metodologi deduktif - menarik kesimpulan. Beberapa hal penting yang patut digarisbawahi dari hasil penelitianini adalah bisnis PC di Indonesia sedang mengalami saat-saat yang baik.Hal ini terjadi karena arah liberalisasi membuat harga-harga produk inimenjadi turun sehingga menjadi Iebih kompetitif dan terjangkau oiehmasyarakat. Di Indonesia pasar PC tumbuh berkembang karena didukungdengan jumlah penduduk dan keluarga yang makin membutuhkan PC.Jumlah perkapita PC yang masih cukup rendah dan peningkatan situasiekonomi membuat pasar Indonesia menjadi atraktif. Pada industri PC terlihat adanya dua jenis konsumen. Pertamaadalah pembeli dari kalangan rumah (keluarga) dan kedua dari kalanganbisnis. Masing-masing dari jenis konsumen ¡ni mempunyai karaktenistikyang unik. Mayonitas pembeli PC rumah mengganti komputernya setiap satusampal tiga tahun sekali. PC ini sering digunakan untuk mengerjakanpekerjaan rumah dan hiburan / games. Motivasi kalangan ini untuk membeliPC adalah karena kehandalannya, dalam jangkauan anggaran, dan garansiservis pengganti. lnformasi mengenai produk PC kebanyakan merekadapatkan dari media. Pertumbuhan di sektor ini harus cukup diperhatikankarena pangsa pasarnya cukup cepat berkembang (sekitar 25% per tahunsampai tahun 2001). Hal ini didukung karena makin berkembangnya industriaplikasi multimedia dan internet. Jalur distribusi baru yang paling efektifuntuk menjangkau kalangan ini adalah dengan membuka situs pemasaranPC di internet. Prediksi pangsa pasar PC bisnis masih yang terbesar sampal tahun2001. Kebanyakan dari pemakainya menggunakan untuk aplikasipengolahan kata. Pembeli kalangan bisnis sangat mementingkan jaminanpuura jual dan kinerja PC yang baik. Mereka mempunyai perencanaanpembelian komputer satu tahun sebelumnya. Jenis komputer yang inginmereka beli mayoritas menginginkan dan yang pernah dipakai sebelumnya.Informasi tentang produk kebanyakan didapat dari pameran komputer. Jalurdistribusi baru yang paling efektif untuk menjangkau kalangan ini adalahdengan penyaluran melalui distributor khusus ke industri. Hal ini terjadikarena PC yang dijual perlu dikonfigurasi untuk berkinerja maksimai sesuaidengan kebutuhan pembeli kalangan bisnis. Fleksibilitas dan kebutuhanuntuk memenuhi konfigurasi PC yang bervariasi akan dapat ditangani Iebihcepat dan lebih efislen oleh dstributor ini. |