ABSTRAK Peranan angkutan laut di Indonesia menjadi sangat penting, karenakondisi geografis dan moda transportasi ini dinilai mampu melakukan jasaangkutan dalam volume besar dan sekaligus, dengan biaya yang lebih murah.Menyadari hal tersebut, maka angkutan laut tidak boleh dipandang sebagaisarana penunjang semata-mata, tetapi harus dibina dalam satu kesatuan diantaraberbagai sektor, khususnya sektor industri dan pertanian. Disamping fungsinya sebagai penunjang kegiatan sektor-sektorekonomi lainnya, angkutan laut merupakan kegiatan industri yang memberimanfaat ganda seperti lapangan kerja, penghasil pajak, penghasil devisa,keuntungan bagi pemilik modal dan penunjang kegiatan-kegiatan industri huludan huir yang terkait dengan penyelenggaraan angkutan laut. Revolusi di bidang transportasi dimulai dengan dilakukannya upayaunitisasi dan konsolidasi muatan, lewat pemanfaatan peti kemas yang ukurannyasemakin diperbesar, serta jenisnya semakin ditambah, untuk memungkinkanpengangkutan yang lebih efisien. Berdasarkan peti kemas ini dilakukanpenyeragaman pada bidang hardware, yaitu seluruh alat transportasi besertafasilitas penunjangnya serta software, yaitu administrasi angkutan, kepabeanandan sebagainya. P.T. TRIKORA LLOYD sebagai salah satu perusahaan yangmenyelenggarakan jasa pengangkutan barang melalui laut, dalam usahanyamemasarkan produknya, tidak terlepas dari berbagai perrnasalahan, terutamadampak dan revolusi di bidang transportasi yang terus berlanjut, dalammenghadapi persaingan yang mengglobal. Seperti yang menjadi tujuanperusahaan pelayaran Iainnya, P.T. TRIKORA LLOYD berusaha untukmengikuti global inter- modal through freight system, yang memungkinkanterjaminnya delivery yang tepat waktu dan berbagai himpunan unit barang yangdiperlukan perusahaan dan/atau industri di segenap penjuru dunia. Menghadapi hal tersebut, maka PT. TRIKORA LLOYD dituntutuntuk menggunakan suatu strategi yang sesuai, yang dapat menjaminkeberadaan dan pertumbuhannya dimasa yang akan datang. ;ABSTRAK Peranan angkutan laut di Indonesia menjadi sangat penting, karenakondisi geografis dan moda transportasi ini dinilai mampu melakukan jasaangkutan dalam volume besar dan sekaligus, dengan biaya yang lebih murah.Menyadari hal tersebut, maka angkutan laut tidak boleh dipandang sebagaisarana penunjang semata-mata, tetapi harus dibina dalam satu kesatuan diantaraberbagai sektor, khususnya sektor industri dan pertanian. Disamping fungsinya sebagai penunjang kegiatan sektor-sektorekonomi lainnya, angkutan laut merupakan kegiatan industri yang memberimanfaat ganda seperti lapangan kerja, penghasil pajak, penghasil devisa,keuntungan bagi pemilik modal dan penunjang kegiatan-kegiatan industri huludan huir yang terkait dengan penyelenggaraan angkutan laut. Revolusi di bidang transportasi dimulai dengan dilakukannya upayaunitisasi dan konsolidasi muatan, lewat pemanfaatan peti kemas yang ukurannyasemakin diperbesar, serta jenisnya semakin ditambah, untuk memungkinkanpengangkutan yang lebih efisien. Berdasarkan peti kemas ini dilakukanpenyeragaman pada bidang hardware, yaitu seluruh alat transportasi besertafasilitas penunjangnya serta software, yaitu administrasi angkutan, kepabeanandan sebagainya. P.T. TRIKORA LLOYD sebagai salah satu perusahaan yangmenyelenggarakan jasa pengangkutan barang melalui laut, dalam usahanyamemasarkan produknya, tidak terlepas dari berbagai perrnasalahan, terutamadampak dan revolusi di bidang transportasi yang terus berlanjut, dalammenghadapi persaingan yang mengglobal. Seperti yang menjadi tujuanperusahaan pelayaran Iainnya, P.T. TRIKORA LLOYD berusaha untukmengikuti global inter- modal through freight system, yang memungkinkanterjaminnya delivery yang tepat waktu dan berbagai himpunan unit barang yangdiperlukan perusahaan dan/atau industri di segenap penjuru dunia. Menghadapi hal tersebut, maka PT. TRIKORA LLOYD dituntutuntuk menggunakan suatu strategi yang sesuai, yang dapat menjaminkeberadaan dan pertumbuhannya dimasa yang akan datang. |